Kapolda Tegaskan SDA Perlu Dikelola Dongkrak Kesejahteraan Masyarakat

Rabu, 13 Oktober 2021 - 19:12:59 wib | Dibaca: 114 kali 
Kapolda Tegaskan SDA Perlu Dikelola Dongkrak Kesejahteraan Masyarakat
Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi menggelar pertemuan dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat hingga nelayan di gedung serba guna Kabupaten Rohil di Bagan Siapi-api, Rabu (13/10/2021).

Kapolda Irjen Agung memaparkan berbagai gagasan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat Rokan Hilir, khususnya dari sektor minyak bumi dan perkebunan yang menjadi sumber daya alam (SDA) andalan di Rohil.

Agung yang jenderal bintang dua tersebut mengajak pemerintah daerah Rohil serta masyarakat dan stakeholder menyatukan visi dan misi dalam upaya mensejahterakan masyarakat dengan mendongkrak sektor perekonomian. 

Rohil dikenal kaya dengan SDA-nya, mulai dari minyak bumi, perkebunan sawit hingga hasil dari perairannya.

Dihadapan Bupati Rohil Afrizal Sintong dan seluruh tokoh masyarakat, Irjen Agung menginisiasi agar peluang besar yang dimiliki itu tidak di sia-siakan. 

“Salah satu peluang juga ada pada SDM, kita punya banyak generasi muda dan itu adalah peluang. Kita harus menguatkan keterampilan dan kemampuannya di semua bidang. Ekonomi dan sosial agar masyarakat kita berkualitas sehingga bisa meningkatkan kemampuan ekonomi," buka Irjen Agung menggugah semangat.

Menurut statistik pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Rohil tidak terlalu tinggi dan tidak pula terlalu rendah dalam beberapa tahun belakangan. Padahal, peluang untuk menumbuhkan perekonomian bisa dilakukan dengan mengoptimalkan pengelolaan sumber daya perkebunan dan pengelolaan minyak bumi, melalui ekplorasi di blok rokan yang kini dikelola PT Pertamina Hulu Rokan.

"Kegiatan ekplorasi blok rokan yang dilakukan oleh PT Pertamina Hulu Rokan juga perlu dioptimalkan dengan memaksimalkan hasil sumur yang ada dan harus menambah sumur sumur baru sehingga produksi dapat meningkat. Karena tidak dapat dipungkiri, dengan tingginya hasil minyak bumi dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sini. Semuanya akan diperkuat lagi dengan sumber daya manusianya, sebab itu peningkatan kualitas pendidikannya juga penting sehingga tidak hanya menjadi tenaga kasar namun juga menjadi tenaga ahli dan profesional," sambungnya.

"Saya ingin ajak semuanya, saya (Polri) memang bertugas di bidang pemeliharaan keamanan, ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), dan bukan di bidang ekonomi. Tapi saya ingin kita semua memahami, sejatinya kesejahteraan masyarakat itu terletak pada ekonominya. Kita harus bisa mengelola peluang yang ada," ucapnya penuh semangat disambut tepukan tangan tamu yang hadir.

Jika sektor SDM di Kabupaten Rohil dioptimalkan, yakinnya, maka ke depan daerah ini mampu mengolah kekayaan alamnya dalam berbagai bentuk, yang tentunya mendongkrak nilai jual dan daya saing lebih tinggi bahkan hingga ke luar negeri. 

“SDM di Rohil harus ditingkatkan, kualitas inklusi ekonominya termasuk pertumbuhan ekonominya. Inilah kemudian menjadi PR saya dan Pak Bupati. Tentunya bagaimana kepolisian mampu berkontribusi di sana," tambah Agung.

Hal serupa pun juga harus dilakukan disektor perkebunan. Adapun Rohil memiliki bentangan lahan kelapa sawit mencapai 282.943 hektar. Itu merupakan potensi yang harus dikelolah baik, ditambah saat ini harga sawit kian melambung bahkan mencapai angka tertinggi dalam sejarahnya, berkisar Rp.3.000 perkilogram. Kapolda pun berharap, produksi tidak mengalami penurunan dan hasil yang diterima petani tidak berkurang sehingga ekonomi pun naik.

Tak cukup di situ saja, Irjen Agung juga mengulas tentang sejarah Rokan Hilir yang pernah dikenal sebagai daerah penghasil ikan terbesar di dunia, berkat kecakapan para nelayan. Potensi besar itu tentunya harus dimaksimalkan kembali agar perekonomian masyarakat Rohil berkembang pesat. 

"Tentunya, semua potensi-potensi tersebut harus kita gali dengan bersinergi," pungkas Kapolda yang banyak inovasi tersebut.


Loading...
BERITA LAINNYA