Normalisasi Sungai Bangko akan Dimulai 9 November Mendatang

Rabu, 03 November 2021 - 18:32:15 wib | Dibaca: 569 kali 
Normalisasi Sungai Bangko akan Dimulai 9 November Mendatang
Rapat mengenai penyelamatan dan pemulihan Sungai Bangko, Kabupaten Rokan Hilir di ruang rapat DLHK Riau, Rabu (3/11/2021) Dok.Yuni/Gagasan

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau mengadakan rapat mengenai penyelamatan dan pemulihan Sungai Bangko di Kabupaten Rokan Hilir, Rabu (3/11/2021).

Rapat koordinasi yang diselenggarakan di Ruang rapat DLHK Provinsi Riau ini dihadiri langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar.

Gubri dalam tanggapannya, mengatakan wilayah ini harus segera diselesaikan, mengingat dampak dari pesatnya pembangunan yang akan semakin merusak sungai.

"Normalisasi sungai itu harus dilakukan, kita akan berkolaborasi antara Pemprov dan pihak swasta, kita bagi mana PR Pemprov dan apa yang bisa dibantu perusahaan," ucap Syamsuar.

Rencananya normalisasi Sungai Bangko yang terletak di Kabupaten Rokan Hilir ini akan dimulai pada tanggal 9 November 2021 mendatang. 

Normalisasi ini dilakukan karena adanya penyumbatan yang berdampak terhadap kehidupan masyarakat disekitar sungai, khususnya nelayan.

Syamsuar menjelaskan, sungai Bangko yang menjadi sumber kehidupan masyarakat, saat ini dalam kondisi tersumbar karena dipenuhi rumput dan mengakibatkan banjir saat diguyur hujan.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) akan bekerjasama untuk melaksanakan normalisasi ini 

"Tadi kami sudah sepakat dengan BWSS, nanti kita keroyok sama-sama. Nanti mereka menyiapkan alat dua, dan kita siapkan dua. Kemudian nanti ponton kita minta bantu dari perusahaan," pungkasnya.


Loading...
BERITA LAINNYA