Gubri Tandatangani Kesepakatan Bersama Gubernur Sumbar

Jumat, 12 November 2021 - 22:41:20 wib | Dibaca: 596 kali 
Gubri Tandatangani Kesepakatan Bersama Gubernur Sumbar
Gubernur Riau Syamsuar bersama Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar bersama Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menandatangani kesepakatan bersama antara Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau dengan Pemprov Sumatera Barat (Sumbar), di Gedung Daerah Balai Serindit, Pekanbaru, Jumat (12/11/2021) malam. 

Penandatanganan kesepakatan bersama ini, merupakan satu harapan bersama untuk mendorong terwujudnya akselerasi pembangunan, peningkatan layanan publik, dan kesejahteraan masyarakat di dua provinsi tersebut.
 
"Melalui pendekatan kerjasama antar daerah yang berlandaskan prinsip-prinsip sinergitas tentunya saling menguntungkan dan saling melengkapi," kata Syamsuar.

Lebih lanjut, Syamsuar menyampaikan, hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah yang telah menerbitkan sejumlah regulasi. Memberi ruang yang luas kepada daerah untuk saling bekerjasama dalam pelaksanaan berbagai urusan pemerintahan.

Kebijakan tersebut melalui Undang-Undang No. 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah No. 28/2018 tentang kerjasama daerah. Bahkan pemerintah telah mengeluarkan pedoman tentang tata cara kerjasama daerah melalui Permendagri No. 22/2020.

"Peluang yang telah dibuka Pemerintah ini perlu kita sikapi secara proaktif," ucapnya.

Tambahnya, Untuk itu perlu kreatifitas dan inovasi seluruh pemangku kepentingan. Terutama perangkat daerah masing masing provinsi, untuk menggali berbagai potensi dan peluang. Kemudian, mengidentifikasi berbagai permasalahan yang perlu dikerjasamakan penanganannya.

"Kita berharap melalui kerjasama antara Provinsi Riau dan Sumatera Barat ini, dapat digali berbagai potensi atau peluang kerjasama. Sehingga mampu mengakselerasi pencapaian program-program pembangunan serta memaksimalkan pemanfaatan potensi sumberdaya daerah di kedua provinsi," pungkasnya.

Adapun kerjasama yang dilakukan kedua provinsi tersebut di antaranya yaitu, kesepakatan bersama tentang kerjasama antar daerah  Riau dan Sumbar, serta perjanjian kerjasama di bidang ketahanan pangan dan penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum (Trantibum) di Wilayah Perbatasan.

"Besar harapan saya, kesepakatan bersama yang ditandatangani hari ini akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama pada sektor-sektor lainnya," tutup Syamsuar.


Loading...
BERITA LAINNYA