Berikut ini 10 Tips Pergi Berlibur Ala Backpacker

Sabtu, 15 Januari 2022 - 14:10:05 wib | Dibaca: 893 kali 
Berikut ini 10 Tips Pergi Berlibur Ala Backpacker
Ilustrasi Foto seorang Backpaker (Foto theguardian.com)

GAGASANRIAU.COM - Untuk bepergian dengan satu ransel bukanlah hal yang mudah, apalagi jika Anda bepergian dalam waktu yang lama. Biasanya, para pelancong akan membawa lebih dari dua tas, seperti tambahan koper.

Ada sesuatu yang membebaskan dan mengasyikkan karena bisa berlibur hanya dengan satu tas. Saat Anda membawa tas yang berat, tentunya akan terasa tidak nyaman jika menggunakan transportasi umum seperti kereta bandara.

Jadi jika resolusi Anda untuk tahun baru adalah bepergian dengan membawa tas yang lebih ringan dan berkemas lebih sedikit, berikut adalah 10 tips pergi berlibur ala backpacker yang bisa Anda terapkan.

1. Jangan membawa banyak barang dan baju

Tip backpacking nomor satu adalah jangan membawa banyak barang. Bawalah barang secukupnya dan seperlunya. Oleh karena itu akan lebih baik jika Anda sudah merencanakan berapa hari pergi berlibur agar baju dan barang bawaan Anda tidak terlalu banyak.

2. Bawa sepatu secukupnya

Jangan pernah membawa lebih dari 2 pasang sepatu. Sepasang sepatu yang Anda bawa yakni bisa sepatu kets yang bisa berfungsi ganda untuk kegiatan atletik dan juga pergi keluar untuk jalan jalan santai.

3. Kenakan jeans dan jaket

Anda agar tas memiliki banyak ruang
Kenakan pakaian Anda yang memiliki bobot berat, jangan masukkan barang tersebut ke dalam tas. Para pelancong biasanya memakai celana jins dan jaket. Kedua barang ini saja akan menghabiskan sebagian besar space tas Anda.

4. Memilih transportasi dengan harga terjangkau

Tentunya untuk lebih menghemat budget Anda, pilihlah transportasi dengan harga terjangkau. Jika Anda memutuskan untuk pergi menggunakan pesawat, pilihlah kereta bandara untuk transportasi menuju bandara.

Biasanya tarif yang dibandrol oleh kereta bandara jauh lebih murah jika dibandingkan dengan transportasi darat lainnya. Selain itu, Anda juga bisa lebih cepat tiba di bandara.

5. Bawa peralatan mandi secukupnya

Bawalah peralatan mandi secukupnya ketika pergi berlibur. Jangan penuhi tas Anda hanya untuk peralatan mandi. Bawalah peralatan mandi yang berukuran kecil atau biasa disebut sebagai travel size. 

Jika ternyata habis sebelum Anda pulang, Anda bisa membelinya di toko terdekat dengan memilih harga yang terjangkau. Jika Anda menginap di hotel, sebagian besar dari pihak hotel menyediakan perlengkapan mandi untuk Anda.

Contohnya seperti Sampo, kondisioner, pelembab, sabun akan disediakan. Sebagian besar juga akan menyediakan sikat gigi, pisau cukur, dan pasta gigi. Oleh karena itu Anda tidak perlu membawa peralatan mandi lagi.

6. Pesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan

Biasanya, waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat adalah 1,5 – 3 bulan sebelumnya. Memesan tiket pesawat satu tahun sebelumnya bukanlah ide yang baik dalam hal harga atau fleksibilitas.

Tentu saja, menunggu hingga detik terakhir juga tidak akan memberi . Anda harga terbaik. Menemukan sweet spot itu adalah sebuah tantangan. Tarif maskapai terus berubah dan tidak ada formula pasti tentang cara mendapatkan jaminan harga terbaik.

Sebagai pilihannya Anda bisa melihat beberapa promo tiket di Traveloka terkait maskapai penerbangan. Biasanya promo berlangsung tidak lama, pastikan Anda melihat tanggal dan jam berakhirnya promo.

7. Bawalah buku bacaan favorit Anda

Membaca adalah salah satu cara terbaik untuk menghabiskan waktu selama berjam-jam dalam perjalanan. Akan Tetapi buku itu berat dan mungkin akan mengambil banyak ruang yang tidak perlu di tas Anda. Pilihannya, Anda bisa menyiapkan e-book favorit Anda

Sebagai contohnya, Anda bisa membaca e-novel sembari menunggu penerbangan, dan ini adalah salah satu cara yang bagus untuk menghemat ruang tas Anda.

8. Gulung pakaian Anda

Alih-alih melipat atau melipat pakaian Anda ke dalam tas Anda, gulunglah. Anda akan terkejut melihat seberapa banyak ruang yang dapat dihemat. Ini juga memudahkan Anda menambah isi ransel dengan lebih efisien tanpa membuang semuanya.

9. Bertanya kepada orang sekitar terkait tempat wisata

Perlu Anda ketahui bahwa tidak ada yang akan mengenal kota lebih baik daripada penduduk lokalnya sendiri. Meskipun Anda dapat menemukan banyak hal keren ketika mencarinya di internet, penduduk setempat akan dapat memberi Anda wawasan tentang hidden gems yang tidak ada di internet.

Yang dimaksud dengan hidden gems adalah tempat-tempat yang tidak banyak orang ketahui. Orang-orang lokal biasanya ramah dan akan selalu dengan senang hati membantu, asalkan Anda bertanya dengan cara yang baik.

10. Menjaga kesehatan ketika bepergian

Meskipun Anda mungkin mengatakan bahwa Anda tidak pernah sakit, ketika Anda melakukan petualangan backpacking, Anda mungkin akan sakit jika tidak merawat diri sendiri.

Jadi, pastikan untuk mengemas semua obat-obatan yang penting sehingga Anda dapat dengan mudah mengaksesnya kapan pun Anda membutuhkannya. Ambil segala sesuatu seperti obat penghilang rasa sakit, penenang, plester, dan lain sebagainya.

Pastikan Anda mendapatkan jumlah buah yang baik dalam diet Anda saat bepergian. Vitamin alami akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

10 tips di atas bisa Anda terapkan jika Anda berencana untuk pergi berlibur ala backpacker, mulai dari menghemat barang bawaan, menggunakan promo di Traveloka untuk membeli tiket, hingga pentingnya menjaga kesehatan ketika pergi berlibur.


Loading...
BERITA LAINNYA