Dinas PKP Inhil Gelar Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW

Rabu, 07 Februari 2024 - 11:54:12 wib | Dibaca: 2701 kali 
Dinas PKP Inhil Gelar Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW
Kadis PKP Inhil, Yusnaldi ST. M.M, bersama Ustadz Rukiyat saat makan bersama usai mengisi ceramah tentang Isra Mi’raj, Senin (5/2/2024).

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau menggelar Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Acara berlangsung di Aula Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman pada Senin, 05 Februri 2024, dihadiri seluruh pejabat struktural berserta karyawan/karyawati.

Diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan dilanjutkan kata sambutan Kepala Dinas PKP Inhil, Yusnaldi ST. M.M menyampaikan terimakasih Ustad Rukiyat yang telah hadir mengisi ceramah.

Dikatakan Yusnaldi ST. M.M, peringatan Isra Mi’raj ini tentunya harus menjadi momentum sebagai perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT yang senantiasa menganugerahkan berbagai nikmat.

"Mari kita manfaatkan momentum peringatan Isra’ dan Mi’raj ini sebagai momentum untuk kita tetap istiqomah dan menyempurnakan akhlak serta menjabarkan, menterjemahkan, merespon pesan dan nilai Islam ke dalam seluruh aspek kehidupan," pesannya.

"Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang beriman dan beramal saleh," sambungnya.

Ustadz Rukiyat menjalankan dalam ceramahnya, Isra merupakan peristiwa perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa. Pada saat itu, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan mengendarai Buraq.

Sementara Miraj merupakan peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Bumi menuju langit ke-7 dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha bertemu dengan Allah SWT untuk menerima perintah mendirikan salat secara langsung.

"Perintah ini diberikan untuk Nabi Muhammad dan umatnya. Awalnya, Rasulullah diperintahkan untuk menjalankan 50 kali salat," paparnya.

Namun, sambungnya, karena takut umatnya tak bisa menjalankan salat sebanyak 50 waktu, Rasulullah meminta keringanan hingga hanya perlu menjalankan perintah salat 5 waktu dalam sehari semalam.
 


Loading...
BERITA LAINNYA