Daerah

Ini Alasan HM Wardan Selenggarakan Pesta Pernikahan Anaknya di Kediaman Bupati

GagasanRiau.Com Tembilahan - Alasan Bupati Indragiri Hilir HM Wardan mengapa selenggarakan pesta pernikahan putri pertamanya di kediaman Bupati yang merupakan fasilitaa negara.

Menurut Wardan, pernikahan putri pertamanya Nanda Eka Wahyuni BA MA  dan calon menantunya dr Nopian Hidayat untuk mengundang seluruh lapisan masyarakat serta Bupati juga ingin berbagi kebahagiaan dengan seluruh masyarakat Indragiri Hilir.

Selain itu Bupati juga mengungkapkan memang tak ada gedung di Inhil ini yg cukup memadai luasnya, sebab, sudah tentu masyarakat akan ramai yang datang pada pesta anaknya ini.

"Menggunakan fasilitas negara untuk menggelar rangkaian acara pernikahan putri pertama saya bukan mengejar kemewahan. Akan tetapi, penyelenggaraan pesta ini biar terbuka saja untuk seluruh masyarakat," ungkapnya.

Dikatakannya lagi, meskipun beliau selaku orang nomor satu di Inhil, akan tetapi belau menegaskan bahwa ia tidak ubahnya dengan rakyat.

Untuk diketahui, pesta pernikahan putri pertama Bupati ini akan diselenggarkan Senin 12 Desembar 2016 12 Rabiu'l Awal 1438 H di Kediaman Bupati Inhil, Jalan Kesehatan No 1 Tembilahan.

Pernikahan putri sulung Wardan yang berjodoh dengan seorang dokter itu, mengangkat adat pernikahan budaya Melayu Inhil. Seluruh prosesi adat yang sulit kita jumpai zaman ini, diangkat kembali dalam upacara suci yang bertempat di kediaman dinas Bupati Inhil, Tembilahan tersebut.

"Sebagai orang Melayu Inhil asli tentu salah satu kewajiban saya untuk melestarikan dan mengangkat budaya asli ini kembali. Saya berharap dengan ini akan menimbulkan semangat untuk kita menjaga adat budaya ini," ujar Wardan.

Menurut jadwal rangkaian, upacara adat tersebut telah dimulai sejak Rabu (30/11/2016) lalu. Prosesi pertama itu dikenal dalam budaya Melayu dengan nama 'Menggantung' yakni renjis tepuk tepung tawar terhadap semua alat yang akan digunakan dalam upacara pernikahan ini termasuk pendirian tenda.

Reporter Daud M Nur


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar