Daerah

Desa Pinang Jaya Bantu Modal Masyarakat Dengan BUMDesa

Kepala Desa Pinang Jaya Abdullah

GagasanRiau.Com Tembilahan - Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Pinang Jaya, Kecamatan Pelangiran, pemerintah setempat memberikan tambahan modal sebagai modal simpan pinjam yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) setempat.

Dana yang diberikan pemerintah desa melalui program pembangunan desa dari dana APBN berjumlah Rp 200 juta. Dan tersebut nantinya akan digulirkan kepada masyarakat yang mempunyai usaha kecil menengah kemudian memerlukan tambahan modal.

"Pembangunan yang ada didesa saat ini tidak hanya mengarah pada ‎indrastruktur saja, pemerintah memperhatikan agar pembangunan atau penguatan perekonomian terjadi pada masyarakat desa. Sehingga tujuan pembangunan yang sebenarnya untuk mensejahterakakan masyrakat desa dapat terwujud," kata Kepala Desa Pinang Jaya Abdullah.  

Dengan berlakunya Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, maka dapat dilihat arah pembangunan sudah beralih ke desa, desa tidak lagi sebagai objek pembangunan melainkan sebagai subjek yang berperan langsung terhadap pengelolaan keuangaan Desa, pengeloaan administrasi dan perencanaan serta pelaksanaan pembangunan.

Termasuk dalam pengelolaan keuangan yang dilakukan dengan lembaga keuangan desa yang bernama Bumdesa sebagaimana yang diatur dalam Permendesa PDTT No. 4 tahun 2015 tentang Pendirian pegurusan dan pengelolaan, dan pembubaran badan usaha milik desa.

"Kami akan pergunakan dana tersebut dengan sebaik mungkin, mempergunakan dengan amanah dalam bingkai pengelolaan dana yang akan di distribusikan kepada masyarakat melalui pinjaman dana dalam peningkatan perekonomian masyarakat, " sebutnya.

Dana yang menjadi modal simpan pinjam itu diharapkan dapat dikelola dengan baik dan menjadi berkembang lebihj besar lagi tidak hanya sampai disitu saja. Apalagi dana tersebut sampai hilang /habis tidak tentu arah.

"Ini hanya sebagai modal awal, kami bertekad kedepan modal ini akan terus berkembang dan bertambah sampai memberikan terus menerus kontribusi bagi pendapatan asli desa," papar Abdullah.  

Reporter Daud M Nur


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar