Hukum

OTT Pungli Dinas PU, Cerminan Kepemimpinan Korup di Pemko Pekanbaru

Usman Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Riau
"Tentu sangat disayangkan sekali masih terjadi praktik Pungli di Kota Pekanbaru yang madani ini" katanya lagi.

Dan ditegaskan Usman, bahwa tertangkap dan ditetapkannya pegawai di Dinas PU Pekanbaru ini cerminan dari buruknya kepemimpinan di Pemko selama ini.

"Sudah pasti, pemimpinnya tidak bisa mengendalikan birokrasi di tingkat bawah. Pemimpin tidak bisa memastikan zona integritasnya jalan. Karena integritas yang dijadikan semboyan tidak lahir diri seseorang melalui kesadaran melainkan dari suruhan atasan atau juga karena hanya ada momentum dan musiman" jelas Usman.

Data yang dihimpun, OTT Pungli di Pemko Pekanbaru, Senin (11/4) Dinas PU bukan yang pertama. Namun sebelumnya juga ditangkap 25 Januari 2017 lalu dan ditetapkan tersangka pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru oleh Tim Saber Pungli Polresta Pekanbaru.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polrestas Pekanbaru, Kompol Bimo Arianto Rabu (12/4/2017). Kasus Pungli pembuatan KTP Elektronik yang dilakukan oleh pegawai Disdukcapil Kota Pekanbaru 25 Januari 2017 lalu.

Baca Juga OTT Pungli Disdukcapil Pemko Pekanbaru, Pekan Depan Kasusnya Diserahkan ke Kejari

"Perkara sudah P21 (Pemberitahuan bahwa Hasil Penyidikan sudah Lengkap) pekan depan diserahkan" kata Bimo Arianto kepada GagasanRiau.Com Rabu (12/4/2017) melalui pesan singkatnya.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar