Daerah

Opsus Pajale, Bupati Inhil Ikuti Panen Raya Padi Di Keritang

Foto: Uco Mataguona
GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan mengikuti panen raya padi yang diprogramkan dalam Operasi Khusus Padi, Jagung, Kedelai (Opsus Pajale) di Parit Sidomulyo, Dusun Selamat Abadi, Desa Nusantara Jaya, Kecamatan Keritang, Minggu (30/7/2017).
 
Dalam rangka meningkatkan ketersediaan pangan, Bupati Inhil, HM Wardan menyampaikan, Kabupaten Inhil telah melakukan upaya khusus peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai melalui operasi khusus ini sejak tahun 2015 silam.
 
"Keberhasilan program tersebut patut kita syukuri bersama, mengingat dengan kerjasama yang baik antara semua stakeholder, produksi padi dapat ditingkatkan dari tahun ke tahun. Upaya tersebut sejalan dengan program Pemerintah Pusat," ungkap Wardan.
 
Peningkatan produksi Tanaman Pangan, dikatakan Bupati Wardan, perlu terus diupayakan secara berkesinambungan setiap tahunnya, khususnya dilihat dari segi kuantitas dengan tidak pula melupakan sisi kualitas, mengingat dari tahun ke tahun kebutuhan pangan juga terus meningkat sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau, Ferry HC Ernaputra menyebutkan, sebagai daerah dengan siklus pasang-surut, maka potensi produksi Padi, Jagung dan Kedelai harus dimanfaatkan dengan baik melalui implementasi operasi khusus ini.
 
"Pemanfaatan potensi ini dapat dilakukan dengan peningkatan luas areal tanam dan bantuan benih serta sarana produksi lainnya bagi petani," ujarnya.
 
Sedangkan, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Holtikultura Inhil, Kuswari menjelaskan, dalam upaya mendukung program Opsus Pajalai, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian telah mengalokasikan bantuan berupa mesin pertanian, yaitu 10 unit traktor roda 2, 8 unit pompa air, 2 unit Conbine Harvester, 7 unit power thresher, dan 2 unit corn sheller.
 
"Dari jumlah bantuan tersebut, Kecamatan Keritang mendapat bantuan 500 hektar padi inbrida,Traktor Roda 2 4 unit, pomp air 4 unit dan combine harvester 1 unit," ungkap Kuswari.
 
Sebagaimana diketahui, Kuswari menuturkan, Kabupaten Indragiri Hilir memiliki luas lahan pertanian mencapai 25.169 hektar, 5.275 hektar diantaranya berada di Kecamatan Keritang.
 
"Dari luas lahan tersebut yang baru bisa kita manfaatkan untuk tanaman padi pada Musim Tanam Periode Oktober - Maret 2016/2017 ditargetkan 20.979 hektar, dari target tersebut terealisasi seluas 19.208 hektar atau sekitar 91,55 persen. Sedangkan, pada musim periode April- September (2017) ditargetkan 6.647 dan baru terealisasi 3.702 hektar," terangnya.
 
Dari luas tanam tersebut, disebutkan Kuswari, Kecamatan Keritang telah mampu merealisasikan keseluruhan luas lahan menjadi lahan tanam, yakni seluas 5.275 hektar.
 
Dalam kegiatan panen raya padi ini, Bupati Inhil didampingi istri Hj Zulaikhah Wardan serta rombongan, Tim Operasi Khusus Padi, Jagung dan Kedele (Opsus Pajalai) Pusat, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau, Ferry HC Ernaputra, DR Rustam dari BPTP Riau, Kadis Pertanian, Peternakan dan Holtikultura Inhil, Kuswari, Unsur Forkopimda, dan pejabat eselon Pemkab Inhil lainnya.
 
(Diskominfo) 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar