Politik

Terindikasi Politik Praktis, 5 Kadis Pemprov Riau Dipanggil Bawaslu Besok

Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilihan Umum  Daerah (Bawaslu) Riau menjadwalkan pemanggilan 5 Kepala Dinas di Pemerintahan Provinsi Riau. Kelima orang tersebut akan dimintai klarifikasinya. Kelima Kadis ini terindikasi terlibat dalam kegiatan politik praktis.

Sebagaimana rilis pers yang diterima oleh GAGASANRIAU.COM Minggu malam (8/10/2017). Mereka dijadwalkan menghadap Senin, 9 Oktober 2017 akan dimulai jam 09.00 Wib, di kantor sekretariat Bawaslu Riau, Jalan Sultan Syarif Kasim, nomor 119, Pekanbaru.

Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan mengatakan, undangan klarifikasi telah dikirim secara layak, yakni minimal tiga hari sebelum pelaksanaan klrifikasi dan berharap agar 5 kepala dinas  sebagai pihak terklarifikasi dapat hadir dan memberikan keterangan sejelas-jelasnya kepada Bawaslu Riau.

Kelima Kadis yang akan diklarifikasi, yaitu Kadis Pekerjaan Umum Riau Dadang Eko Purwanto, Kadis Pendidikan Riau Rudianto, Kadis Perkebunan Riau Feri HC, Kadis Kesehatan Mimi Yulianti Nazir, dan Plt. Kadis Perhubungan Riau Rahmad Rahim.

Sebelumnya, pada 27 September 2017 Bawaslu Riau menemukan indikasi keterlibatan beberapa oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam kegiatan politik praktis melalui pemberitaan beberapa media online, yang menyoroti kehadiran sejumlah ASN pada kegiatan Rakerda salah satu Partai di Hotel Sapadia, pasir pangaraian, Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Foto bersama sejumlah Kadis di kegiatan Rakerda Partai Golkar menjadi viral di media sosial dan menjadi polemik di masyarakat. Atas kejadian itu, Bawaslu Riau ingin mendengarkan langsung dari pihak-pihak yang terlibat pada kegiatan tersebut sehingga mendapatkan keterangan sejelas-jelasnya, karena saat ini marak berita hoaks yang tersebar di media sosial.

Sementara, pada 26 September 2017 Bawaslu Riau juga menemukan indikasi kampanye terselubung melalui spanduk bermuatan politis yang terpasang di sekolah-sekolah setingkat SMA dan SMK se-Provinsi Riau.

Foto Spanduk itu juga menjadi viral di media sosial dan menjadi pergunjingan warga internet (netizen), spanduk memuat gambar Gubernur Riau, Arsyad Juliandirachman dan tulisan “Lanjutkan” beserta kata-kata dibawahnya yang memuat kalimat program pendidikan, “Percepatan Pendidikan yang Merata dan Berkualitas”.

Editor Arif Wahyudi


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar