Daerah

Dukung Tugas Babinsa, Kodim 0314 Inhil Laksanakan Bimbingan Teknik dan Administrasi

Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M.Nahruddin  Roshid,S.E,M.Tr (Han) saat kata sambutan pembukaan kegiatan bimbingan teknik dan administrasi mendukung kerja Babinsa.

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Kodim 0314/Inhil melaksanakan kegiatan bimbingan teknik dan administrasi untuk mendukung tugas babinsa di wilayah desa/kelurahan, bertempat di Aula Grahabakti Makodim Selasa (19/07/2022) pagi.

Upaya ini dilakukan agar babinsa di wilayah dapat bersinergi dengan aparat desa dan saling mendukung terhadap kegiatan di desa baik pembangunan begitu juga meningkatkan perekonomian dan mensejahterakan masyarakat yang ada di desa.

Dalam kesempatan ini Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M.Nahruddin  Roshid,S.E,M.Tr(Han) mengatakan TNI telah diatur dalam Undang-Undang Nomor. 34 tahun 2004 tentang TNI, yang menyebutkan bahwa tugas pokok TNI untuk melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

"Salah satunya, dijelaskan Dandim 0314/Inhil tugas TNI di wilayah dalam pelaksanaan OMSP adalah untuk membantu Pemerintah Daerah setempat di segala bidang, guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat," jelas Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M Nahruddin Roshid.

TNI punya kewajiban untuk membantu tugas Pemerintah Daerah, diantaranya adalah membantu melakukan penanganan bencana alam, pendampingan terhadap petani, serta menciptakan dan  menjaga wilayah agar tetap Kondusif. 

Dandim mengatakan Keberadaan babinsa di desa di harapkan bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan aparat desa.

"Karena Babinsa ini merupakan mata dan telinga serta ujung tombak TNI AD dan berdasarkan babinsa ini lah Kita bisa melihat kehidupan masyarakat di desa TNI AD juga sekarang ini Merekrut Santri santri juga membuat Kampung Pancasila serta program ketahanan pangan upaya ini dilakukan memberi dampak positif kepada masyarakat
dan saya berharap dengan adanya bimbingan teknik (Bintek) ini dapat memberi motifasi serta hubungan 3 pilar di Desa yaitu Kepala desa, Babinsa dan babinkantibmas lebih kuat untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat," pungkasnya.

Sementara Junaid.SE Selaku Narasumber Fungsional Penggerak swadaya masyarakat sub koordinator fasilitasi pengelolaan keuangan dan Aset Desa Dinas PMD Kab Inhil menyampaikan. Dengan adanya acara Bintek yang diselenggarakan Kodim 0314/Inhil para Babinsa di wilayah dapat bermitra dengan Kepala desa sekaligus saling mengingatkan kepala desa, sekretaris desa ,serta perangkat perangkat desa, dalam mengelola anggaran desa.

"Saya berharap semua kepala desa menjalin hubungan yang baik serta komunikasi baik dari para babinsa begitu juga di desa kepala desa dan babinsa saling berkordinasi disaat melakukan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) para babinsa di wilayah di undang begitu juga dalam rapat- rapat di desa dan kelurahan mengikut sertakan babinsa," tutupnya.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar