Daerah

Perangi Politik Uang, Bawaslu Rohil Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dan Pendidikan Pemilih

GAGASANRIAU.COM, BAGANSIAPIAPI - Upaya memerangi money politic atau politik uang dalam helat Pemilihan Serentak atau Pilkada Serentak gencar dilakukan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Salah satunya dengan melakukan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dan Pendidikan Pemilih di 18 Kecamatan se Kabupaten berjuluk Negeri Seribu Kubah ini.

Selain menghadirkan Bawaslu Rohil, narasumber lainnya turut dihadirkan anggota Sentra Gakkumdu Polres dan Kejari Rohil.

Acara dilaksanakan di aula Kantor Camat Rantau Kopar turut dihadiri Camat Rantau Kopar, Kapolsek, Danpos Ramil, PPK, Lurah dan Datin Penghulu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda pada Selasa, (15/10/2024).

Jaka Abdillah anggota Bawaslu Rohil Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas dalam penyampaian materinya mengatakan peran serta masyarakat dalam pemilihan serentak sangat diharapkan untuk bersama-sama memerangi politik uang, perbuatan yang telah menjadi momok di tengah masyarakat luas.

"Politik uang menjadi penyakit yang menakutkan baik dalam pemilu maupun saat pilkada, untuk itu Bawaslu Rohil mengajak seluruh elemen masyarakat di Kecamatan Rantau Kopar untuk berani tolak politik uang demi menyelamatkan demokrasi di negeri yang kita cintai ini" ujar Jaka.

Sementara itu, Arya Maulana, SH, MH, anggota Sentra Gakkumdu Polres Rohil menekankan pentingnya bersikap rasional dalam memilih dan jangan mudah terbujuk rayu dengan iming-iming uang atau materi lainnya karena selain memiliki sanksi pidana juga menciptakan demokrasi yang buruk bagi generasi yang akan datang.

Sedangkan Pratama Hendrawan Mahardika, SH, anggota Sentra Gakkumdu Kejari Rohil turut mengajak masyarakat Kecamatan Rantau Kopar menolak politik uang, sesuai arahan JAMINTEL KEJAGUNG RI masuk dalam ranah yang diwaspadai dalam Pilkada selain Hate Speech, Hoax dan Sara.

"Dengan Bapak/Ibu menjauhi ini semua sudah turut berpartisipasi menciptakan pilkada yang aman, lancar dan kondusif" ujarnya. 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar