Galeri Foto

Semarak Idul Fitri 1445 H, Bupati Pelalawan Lepas Pawai Takbiran

GAGASANRIAU.COM, PANGKALANKERINCI – Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan bersama Kapolres beserta jajaran ikut serta dalam pawai takbiran keliling di Kota Pangkalan kerinci, Kabupaten Pelalawan, Selasa malam (9/4/2024).

Walau sempat diwarnai huja lebat sebelum pelaksanaan kegiatan yang rutin dilaksanakan saban tahun oleh Pemkab Pelalawan di malam idul Fitri ini, tidak menyurutkan semangat masyarakat yang tetap antusias berdatangan seusai hujan reda.

Pelepasan pesertapawai takbir keliling oleh Bupati Pelalawan H. Zukri sekitar pukul 20.20 wib.

Bupati Pelalawan H Zukri SE yang saat itu didampingi Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) H Syafrizal SE dan Penjabat (PJ) Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H Abdul Karim serta para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan.

Pelepasan pawai takbiran keliling Hari Raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 , dipusatkan di Jalan Lintas Timur, Pangkalan Kerinci, tepatnya di depan Masjid Raya Al-Muttaqin diikuti mobil yang telah dihiasi dengan ornamen-ornamen Islami dan miniatur masjid berkeliling di sepanjang jalan Lintas Timur sambil mengumandangkan takbir.

Tampak ribuan masyarakat juga antusias mengikuti pawai tersebut, sehingga menambah semarak dalam menyambut hari Raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Pelalawan.

Dalam sambutannya setelah mengumandangkan takbir, Bupati Zukri menyampaikan rasa syukur atas penyelenggaraan pawai takbir keliling tingkat Kabupaten Pelalawan, sebagai tanda berakhirnya bulan Ramadan sekaligus menyambut datangnya hari kemenangan.

Ia mengungkapkan, atas nama pemerintah daerah, dirinya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H kepada seluruh masyarakat yang hadir pada malam takbir keliling.

"Takbir keliling merupakan ungkapan kegembiraan dan syukur terhadap Allah atas berkah selama menjalani Bulan Ramadhan," terang Zukri dari atas panggung, Jumat (9/4/2024) malam.

Ia mengingatkan kepada seluruh peserta pawai takbir keliling dan masyarakat yang ikut agar tetap berhati-hati serta mematuhi rambu lalu lintas. Dalam mengumandangkan takbir sebagai tanda hari kemenangan, peserta harus serius dan bergembira menyambut hari kemenangan.

"Ramadhan telah pergi meninggalkan kita semua. Mari kita kumandangkan takbir ke seluruh penjuru negeri yang kita cintai ini," katanya.

Setelah menyampaikan sambutannya, Zukri beserta Forkopimda memukul beduk yang disiapkan panitia sebagai tanda dimulainya pawai takbir. Dalam pawai ini digelar perlombaan mobil hias yang melibatkan masjid dan kelompok masyarakat.

Adapun rute pawai takbir keliling dilepas dari depan Mesjid Besar Al Muttaqin Jalan Lintas Timur (Jalintim). Kemudian rombongan pawai akan menyusuri Jalintim berkeliling Kota Pangkalan Kerinci.

Setelah berputar arah dari simpang Lampur merah, kemudian berjalan terus hingga ke Simpang Kualo sebagai garis finish.

“Alhamdulillah akhirnya kita semua sampai pada akhir bulan Ramadan, dan pertanda akan datangnya bulan Syawal, hari kemenangan umat Islam setelah berpuasa 1 bulan lamanya. Hari ini kita bergembira bersama-sama bertakbir, bertahmid dan bertasbih mengumandangkan dan mengagungkan Allah SWT. Maka hari ini Pemerintah Kabupaten Pelalawan melaksanakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya, yaitu pawai takbir keliling menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 yang dibuka di depan masjid paripurna Al-Muttaqin.” tutur Bupati.

Dia berharap agar kegiatan pawai takbir keliling dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Kegiatan ini bukanlah hanya sekedar kegembiraan saja, tapi kegiatan pawai takbir ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan kita terhadap keagungan Allah SWT, serta dapat memperkuat keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT

"Sehingga Allah SWT akan selalu melindungi kita, dan memberikan keberkahan kepada Kabupaten Pelalawan yang kita cintai ini.” tambahnya.

Lanjutnya, dia juga kepada seluruh peserta pawai takbir, untuk mengikuti pawai takbir keliling dengan tertib dan disiplin, sambil meluahkan rasa kegembiraan jangan lupa untuk bertakbir dan bertahmid menyebut asma-asma Allah.