Daerah

Penyelamatan dan Evakuasi Burung Merak di Sungai Guntung

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Penyerahan satwa liar Burung Merak (Pavo sp) dari Balai Karantina Kelas I Pekanbaru, Wilayah Kerja Sungai Guntung dilakukan di Sungai Guntung, Kec. Kateman, Kab. Indragiri Hilir pada hari Minggu, 25 November 2018.
 
Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau berjumlah tiga orang, dipimpin oleh Kepala Resort Pekan Heran, Zulkifli
menerima penyerahan satwa liar berupa Burung Merak sebanyak 7 ekor terdiri dari 5 ekor dewasa dan 2 ekor anakan. Pada saat penyerahan asal usul dan jenis kelamin belum diketahui.
 
Pukul 14.30 wib, Tim berangkat dari pelabuhan Sungai Guntung, Kec. Keteman menuju Tembilahan dengan menggunakan kendaraan air Spedboad  menempuh perjalanan  kurang lebih 3,5 jam. Pukul 19.00 wib. Tim melanjutkan perjalanan menuju kantor Bidang Wilayah I Rengat dan  tiba pada pukul 22.00 wib. Tim langsung memindahkan burung Merak dari kardus ke kandang kerangkeng yang sudah dipersiapkan oleh pendamping Resort Pekan Heran. 
 
Senin pagi, 26 November 2018 Tim bersama anggota Balai Karantina Sungai Guntung mengantarkan ketujuh Burung Merak tersebut ke kandang transit satwa Balai Besar KSDA Riau.
 
Sebelumnya burung tersebut terlebih dahulu di periksa di Balai Karantina Wilayah I Pekanbaru untuk diambil sampel darah, air liur dan dicek kesehatannya. Secara fisik ketujuh satwa tersebut dalam kondisi baik.  
 
Editor: Arif Wahyudi


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar