Walikota Didesak Minta Maaf kepada Keluarga Korban Banjir

Kamis, 04 Juli 2019 - 15:59:38 wib | Dibaca: 1826 kali 
Walikota Didesak Minta Maaf kepada Keluarga Korban Banjir
Aksi aktivis Koalisi Sedia Payung (KSP) mendesak Walikota Pekanbaru Firdaus, MT untuk menyatakan permintaan maaf secara terbuka terhadap keluarga almarhumah Yeni Riski Purwati, Kamis (4/7/2019).

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU -- Gabungan organisasi pecinta lingkungan hidup yang tergabung dalam Koalisi Sedia Payung (KSP) mendesak Walikota Pekanbaru Firdaus, MT untuk menyatakan permintaan maaf secara terbuka terhadap keluarga almarhumah Yeni Riski Purwati. 
 
Pasalnya, orang nomor satu di Kota Bertuah ini dinilai gagal mengantisipasi bencana banjir yang datang setiap hujan deras mengguyur ibukota Provinsi Riau ini, sehingga Yeni meninggal dunia akibat terseret air hujan dan tersangkut di parit depan rumah warga di wilayah Kecamatan Tampan, baru baru ini.
 
Desakan itu disampaikan saat aksi unjukrasa lanjutan di gerbang masuk Gedung DPRD Kota Pekanbaru, Kamis (4/7/2019). ''Walikota harus minta maaf secara terbuka kepada masyarakat Pekanbaru dan keluarga korban yang meninggal akibat banjir,'' tukas Septian, Koordinator Lapangan (Korlap) KPS dalam orasinya.
 
Ditambahkannya, aksi ini merupakan aksi lanjutan sepekan yang lalu. Waktu itu pihaknya bersama Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Riau menuntut DPRD Kota Pekanbaru untuk memanggil Walikota. Tetapi hal itu tidak dilakukan.
 
“Ini bukti bahwa tidak ada sikap yang tegas dari DPRD terhadap Walikota,” ucapnya.
 
Menurut Septian, seharusnya Pemerintah Kota (Pemko) sudah menyaipkan program jangka pendek seperti mengajak warga bersama aparat setempat untuk membersihkan saluran parit-parit, serta mendata bangunan yang berada di Jalan Subrantas untuk memastikan sumur resapan dan jalur drainase tidak tertimbun beton.
 
Tetapi tampaknya, imbuh Septian, DPRD dan Pemerintah Kota yang tidak punya niat baik untuk menyelesaikan masalah ini. Jadi, tak salah jika KSP memberikan karangan bunga bertuliskan;  
 
“Kalian luar biasa menjaga kota ini tetap banjir! cemumut ea Pak dari Smart People Pekanbaru” !
 
Reporter & Editor : Deden Yamara.
 

Loading...
BERITA LAINNYA