Ringankan Beban Terdampak Covid, GAMKI Bagikan 250 Sembako ke Warga Riau

Ahad, 19 April 2020 - 16:52:19 wib | Dibaca: 1571 kali 
Ringankan Beban Terdampak Covid, GAMKI Bagikan 250 Sembako ke Warga Riau
Pengurus GAMKI saat membagikan paket sembako kepada tukang becak

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Dampak merebaknya wabah Pandemi Virus Corona (Covid19) yang membuat perekonomian masyarakat merosot bahkan terpaksa diam di dalam rumah sesuai himbauan Pemerintah untuk memutus rantai penyebaran.
 
Prihatin dengan kondisi ini, Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) secara serentak menggelar aksi Peduli di beberapa daerah di Indonesia melalui aksi pembagian Sembako dan Masker, termasuk di Riau.
 
"Atas arahan dari DPP dan sesuai rencana, kita di Riau membagi sembako ke masyarakat terdampak ekonomi akibat Covid19 ini. Kita bergerak di Kota Pekanbaru, Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis. Total Sembako kita distribusikan 250 Paket dengan nilai barang minimal Rp100ribu per paket," ungkap Ketua Tim GAMKI Peduli Provinsi Riau, Manuhar Silaen SH, Minggu (19/04/20) pagi.
 
Rata-rata tiap paket Sembako, terangnya, berisi Beras, Gula, Minyak Goreng, Garam, Telur, Mie Instan dan juga ditambahkan Sabun serta Pasta Gigi untuk mendorong masyarakat tetap menjaga kebersihan.
 
Untuk data para masyarakat penerima dihimpun dan dirembukkan bersama oleh Tim agar benar-benar diberikan kepada yang membutuhkan akibat terdampak corona.
 
"Selama sepekan terakhir tim mencari dan merembukkan bersama data masyarakat yang benar-benar terdampak terutama Keluarga yang dihidupi oleh orang tua tunggal, baik data melalui Tokoh Masyarakat, Pengurus Gereja maupun pengurus Masjid dan Mitra Ormas Islam, Pengurus Serikat Tolong Menolong (STM). Kita tidak pandang bulu. Dan, beberapa paket juga kita siapkan untuk diberikan spontan di lapangan kepada mereka yang memang membutuhkan," lanjutnya.
 
Diungkapkan Manuhar, dalam proses aksi ini, ada Dijelaskannya, awalnya hanya dipersiapkan 100 paket untuk dibagi ke 3 wilayah yaitu Kota Pekanbaru, Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis.
 
"Ditengah proses aksi ini, saat Pekanbaru ditetapkan sebagai Zona Merah dan ditetapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), kita yakini Tangan Tuhan juga bekerja. Ada beberapa Hamba Tuhan, termasuk Ibu Panjaitan yang mengirimkan 100 paket tambahan dengan nilai yang sama ke Posko DPC GAMKI Pekanbaru. Kita kagum, Ibu ini memahami bahwa ada hak orang lain dari berkat yang Ia terima dari Tuhan untuk disalurkan. Ada dari Kas GAMKI dan kader. Ada juga Hamba Tuhan menambahkan paket ke Posko DPC Dumai dan Bengkalis. Total seluruh Riau 250 paket," ucap Manuhar didampingi Wakil Ketua DPD GAMKI Riau, Armin Silaban.
 
"Hari ini, kita bersama teman-teman dari DPC GAMKI Pekanbaru dan daerah lain masih dilapangan mengantar sembako," sambung Armin.
 
Pembagian sembako ini pun dilakukan sesuai Protokol Standar dengan mengenakan masker dan sarung tangan serta menjaga jarak. Sembako dibagikan sedapat mungkin tidak membuat kerumunan dengan cara diantar rumah masing-masing.
 
"Kepada rekan-rekan kader dan Pengurus GAMKI di Kabupaten/Kota di Riau yang merelakan tenaga dan waktu bahkan urunan dana untuk kegiatan kemanusiaan ini, untuk tetap menjaga jarak dan ikut menghimbau arahan Pemerintah. Terima kasih kepada para pihak yang turut menyumbangkan bantuannya," ujar mantan Ketua Pemuda Gereja HKBP Distrik XXII Riau ini.
 
Saat pembagian sembari dilakukan himbauan agar warga tetap menjaga jarak, tidak perlu keluar rumah jika tidak genting, berjemur di pagi hari sebelum jam 09.00 WIB dan konsumsi vitamin serta makanan yang memperkuat imunitas tubuh.
 
"Ditengah wabah Pandemi Global ini, kita harus saling membantu. Kita dukung langkah pemerintah, baik Pusat, Pemprov dan Pemda Kabupaten/Kota," ungkap Ketua DPC GAMKI Kota Dumai Henok Tambunan, saat dihubungi terpisah.
 
Ucapan syukur juga disampaikan Ketua DPC Kabupaten Bengkalis, Wahyu Ritonga, atas kepercayaan diberikan kesempatan melayani masyarakat ini.
 
"Terima kasih kepada DPP GAMKI, Para Hamba Tuhan sebagai Donateur yang mempercayakan penyaluran berkat ini melalui GAMKI. Semoga Tuhan Memberkati Pelayanan ini," tutup Wahyu.
 
Terpisah Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Pusat GAMKI, Sahat Martin Philip Sinurat, mengatakan semoga aksi ini mampu sedikit meringankan beban. Diterangkannya, aksi ini serentak di beberapa wilayah di Indonesia. Di Riau, sebagai episentrum Sumatera, pihaknya berharap penyebaran Virus ini dapat dikendalikan agar tidak membawa dampak ekonomi yang lebih besar.
 
"Aksi kita ini tak seberapa. Namun melalui ini, kita harap kembali diingatkan agar tetap bertolong-tolongan menanggung beban. Kita hadapi musibah ini dengan doa, beribadah di rumah, ikut arahan Pemerintah Pusat, Gubernur dan Kepala Daerah masing serta saling berbagi berkat bagi sesama," ungkap mantan Ketua Umum GMKI ini.
 
"Kepada seluruh Pengurus dan Kader GAMKI se Tanah Air, Ketua Umum GAMKI Willem Wandik, saya dan seluruh jajaran DPP menyampaikan apresiasi atas loyalitas berjibaku di lapangan dalam berbagai program sosial, baik membagikan masker, sembako, penyemprotan desinfektan, penyebaran himbauan dan lainnya, untuk membantu masyarakat dalam menghadapi wabah ini. Kegiatan ini juga sebagai penggantk acara ceremonial peringatan Hari Jadi GAMKI ke 58 tahun. Semoga pelayanan ini diberkati," tulis Sahat dalam pesan singkat saat dihubungi media.

Loading...
BERITA LAINNYA