Hidup Sehat Melawan Covid-19

Rabu, 06 Mei 2020 - 20:56:23 wib | Dibaca: 3333 kali 
Hidup Sehat Melawan Covid-19
Foto ilustrasi

Covid-19 yang telah menyebar diseluruh dunia membuat seluruh Negara menjadi panik karena penyebarannya sangat cepat menular. 
 
Masih banyak masyarakat yang meremehkan hal ini dan banyak juga yang tidak menjaga kesehatannya disaat covid-19 sudah melanda dunia. 
 
Dalam menanggulangi perihal tersebut pemerintah harus bersikap tegas kepada masyarakat untuk menghimbau masyarakat agar tetap dirumah saja agar tidak banyak korban yang terkena dan bisa mengurangi korban virus corona.
 
Tahukah anda ketika adanya virus mematikan ini kita harus tetap tenang dirumah saja dan sebagai bentuk kepedulian terhadap wabah virus corona kita juga harus tetap menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari serangan covid-19. 
 
Berikut adalah cara hidup sehat melawan covid-19
 
1. Membersihkan Rumah
 
Membersihkan rumah adalah pekerjaan sehari-hari namun beda halnya dengan saat ini kita harus banyak dirumah untuk terhindar dari covid-19, membereskan rumah seperti mengubah bentuk isi yang ada didalam rumah agar terlihat tidak membosankan dan tetap betah berada didalam rumah. 
Membersihkan rumah juga sama halnya dengan olahraga kecil dan juga dapat menghiangkan rasa bosan saat berada didalam rumah saja.
 
2. Mengurangi penggunaan smartphone 
 
Teknologi yang semakin canggih hampir tidak bisa berpaling dari kehidupan sehari-hari karena tuntutan pekerjaan dan pengaruh dari berbagai media sosial yang membuat kita kecanduan untuk terus melihatnya, bahkan rela tidak tidur karena pengaruh dari kecanggihan teknologi tersebut. 
 
Dengan adanya covid-19 kita telah belajar bagaimana pola hidup sehat, tidur teratur, dan beraktifitas lain, agar dapat mengurangi candu terhadap smartphone. Saling bertukar pendapat dengan keluarga juga dapat meringankan fikiran dan membuat fikiran agar menjadi lebih tenang.
 
3. Manfaat dan cara membuat handsanitizer dengan bahan alami
 
Disaat adanya covid-19 ini banyak masyarakat yang sangat membutuhkan hand sanitizer sebagai pencegahan penularan virus, karena terbatasnya hand sanitizer pada saat ini, penemuan hand sanitizer yang menggunakan bahan alami seperti daun sirih pertama kali diteliti di Departemen Farmasetika Fakultas UNAIR pada tahun 2006.
 
Ternyata penemuan ini telah ditemukan pada saat flu burung yang menyebar di seluruh dunia.
 
Dr.Retno Sari, MSC., Apt mengatakan bahwa air daun sirih sebanyak diatas 15 persen sama efektifnya dengan etanol 70persen dalam mengurangi jumlah bakteri dan virus.  
 
Daun  sirih yaitu bahan yang mudah mengalami proses oksidasi. Jeruk nipis yang bersifat anti oksidan dan bakteri dapat menguranginya degan cara menambahkan kedalam daun sirih tersebut.
 
Cara membuat hand sanitizer dengan menggunakan daun sirih :
  • Cuci 50gr daun sirih
  • Lalu keringkan daun sirih hingga benar-benar kering
  • Setelah kering potong menjadi kecil daun sirih
  • Masukkan 50gr daun sirih yang sudah dipotong-potong kecil kedalam panci yang berisi 200ml air panas
  • Setelah selesai, ambil panci yang lebih besar  da nisi panci tersebut dengan air dingin
  • Masukkan panci yang berisi rendaman daun sirih kedalam panci yang lebih besar, rebus daun sirih dengan api yang kecil sekitar 90?c 
  • Setelah selesai, diamkan dan tunggu hingga 30menit
  • Setelah dingin saring rendaman daun sirih kedalam gelas
  • Dan tuangkan daun sirih hingga 15% lalu tambahkan air jeruk nipis 8ml
  • Tambahkan air secukupnya, aduk lalu tuangkan kedalam botol
  • Siap untuk digunakan
 
Loading...
BERITA LAINNYA