TBM Pelita Negeri Gelar Pelatihan Menulis dan Membaca Puisi di Desa Belantaraya

Selasa, 15 Oktober 2024 - 20:50:37 wib | Dibaca: 152 kali 
TBM Pelita Negeri Gelar Pelatihan Menulis dan Membaca Puisi di Desa Belantaraya
Foto bersama usai menggelar pelatihan menulis dan membaca puisi.

GAGASANRIAU.COM, BELANTARAYA - Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Pelita Negri menggelar pelatihan menulis puisi dan membaca puisi di Desa Belantaraya Kecamatan Gaung Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau.

Kegiatan pelatihan itu bekerjasama dengan Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kegiatan ini dihadiri oleh 30 peserta dari berbagai kalangan berlangsung meriah dan penuh semangat, dengan mengangkat tema “Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Kreatifitas, dan Kecerdasan Dalam Menulis Puisi”.

Tempat para peserta antusias mengikuti pelatihan tersebut. Semua peserta memiliki minat yang tinggi dalam dunia sastra.

Pelatihan ini dipandu oleh tiga orang narasumber yang berpengalaman, yaitu Hendro Lisa S.E., M.M, Marliah, S.S., M.Pd dan Muhammad Furqan, yang berhasil menciptakan suasana belajar yang inspiratif.

Kegiatan pelatihan menulis puisi dan membaca puisi untuk generasi muda di laksanakan pada tanggal 10 Oktober 2024 bertempat di Aula Komplek Pendidikan Yayasan Pelita Negri Belantaraya sebagai lembaga induk TBM Pelita Negeri.

Kegiatan pelatihan menulis puisi dan membaca puisi dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Belantaraya Kecamatan Gaung Kabupaten Indragiri Hilir, Hasbullah Jali, SH.

Dalam sambutannya, Hasbullah Jali, SH  memberikan apresiasi kepada TBM Pelita Negri atas kegiatan yang dilaksanakan. Menurutnya, kegiatan yang dilakukan oleh TBM Pelita Negri merupakan terobosan yang sangat baik untuk membentengi diri generasi muda akan bahayanya pengaruh sisi negative perubahan globalisasi.

“Di era serba canggih saat ini, masyarakat dihadapkan kepada perubahan globalisasi yang mampu merubah pola hidup, pola pikir dan pola dalam bekerja, suka tidak suka maka kita harus hadapi perubahan ini, oleh karena itu, mari kita bentengi generasi kita dengan berliterasi," kata Hasbullah.

"Dengan adanya TBM Pelita Negri di Desa Belantaraya ini, diharapkan mampu memberikan solusi akan permasalahan yang ada di masyarakat," sambungnya.

Hasbullah mengatakan, Pemerintah Desa Belantaraya sangat mendukung kegiatan Literasi yang dimotori oleh TBM Pelita Negri Belantaraya. Kedepannya dia mengajak seluruh kalangan mensuport kegiatan tersebut.

"Mari sama-sama kita giatkan kegiatan literasi ini dengan berbagai kegiatan positif lainnya. Kami berharap kegiatan ini bisa menggali potensi kreatif setiap peserta. Ayo Masyarakat Desa Belantaraya, mari Kita gerakkan program LITERASI ini Bersama-sama,"

Dr. Irjus Indrawan, M.Pd.I  sering disebut Irjus Anak Paret, selaku ketua TBM Pelita Negri Belantaraya dan merupakan Dosen di Universitas Islam Indragiri (Unisi) dalam sambutannya mengatakan pentingnya kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan menulis dan mengekspresikan diri seseorang melalui puisi.

“Puisi merupakan salah satu bentuk seni yang dapat menyampaikan perasaan dan pikiran dengan cara yang indah," sebut si anak parit itu.

“Kami akan memberikan apresiasi kepada setiap peserta dengan menjadikan karya tulisan puisi mereka sebagai bagian dari publikasi berupa buku puisi. Ini adalah langkah untuk mendorong minat baca dan menulis di kalangan masyarakat,”

"Buku ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang dan menjadi dokumentasi perjalanan kreatif peserta," sambungnya.

Dengan keberhasilan acara tersebut, TBM Pelita Negri berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan serupa di masa mendatang.

"Kami akan berusaha menjadi wadah untuk bagi para penulis pemula dan pecinta sastra agar dapat berkarya dan berkontribusi terhadap budaya sastra. Semoga tercipta sastrawan-sastrawan muda di daerah." Tutupnya.


Loading...
BERITA LAINNYA