Dosen UMRI Dukung Pengembangan Digital Marketing dan Inovasi Produk UMKM 'Ulam Slamet Farm' di Kampung Lele

Jumat, 27 September 2024 - 21:56:27 wib | Dibaca: 960 kali 
Dosen UMRI Dukung Pengembangan Digital Marketing dan Inovasi Produk UMKM 'Ulam Slamet Farm' di Kampung Lele
Foto bersama

GAGASANRIAU.COM, KAMPAR - Dosen Muhammadiyah Riau (UMRI) melalui program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) berkolaborasi dengan UMKM "Ulam Slamet Farm" di Kampung Lele, Desa Hang Tuah, Kabupaten Kampar, mengadakan program bertajuk “PKM Pendampingan Pengelolaan Digital Marketing dan Inovasi Produk pada UMKM Ulam Slamet Farm untuk Mendukung Pemasaran” Kamis (12/9/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan dukungan pendanaan dari BIMA Kemdikbud. PKM ini diketuai oleh Ilham Hudi, M.Pd, Dosen Prodi Akuntansi, bersama dengan tim yang terdiri dari Dr. Berry Kurnia Vilmala, M.Pd Dosen Prodi IPA, serta dua mahasiswa UMRI.

Ilham Hudi mengatakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertajuk "Pengembangan Digital Marketing dan Inovasi Produk UMKM "Ulam Slamet Farm" Dalam mencegah stunting. Ini merupakan program yang didanai oleh Department Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

"Ulam Slamet Farm, yang dikenal sebagai usaha kecil menengah berbasis pertanian, khususnya peternakan ikan lele, menjadi sasaran program pendampingan ini karena potensi besar yang dimilikinya. Tim PKM memberikan pelatihan intensif terkait penggunaan teknologi digital, platform e-commerce, dan inovasi produk olahan berbasis ikan lele untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin kompetitif," katanya.

Selain meningkatkan aspek ekonomi, program PKM ini juga turut mendukung upaya pengentasan stunting yang menjadi salah satu isu kesehatan penting di Desa Hang Tuah. Program ini dirancang untuk menyediakan produk-produk olahan bergizi tinggi yang dapat dijadikan sumber makanan sehat bagi anak-anak dan balita di desa tersebut.

Ilham Hudi, M.Pd, selaku ketua tim menyatakan, “Dengan digital marketing, produk UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

"Kami berharap inovasi produk berbasis ikan lele ini dapat memberikan dampak ekonomi sekaligus membantu meningkatkan gizi anak-anak, terutama dalam menekan angka stunting di Desa Hang Tuah," harapnya.

Matari stunting disampaikan oleh Hadi Purwanto, M.Pd di sampaikan dihadapan ibu-ibu PKK Desa Hangtuah.

Program ini mendapat respon positif dari masyarakat setempat, terutama para pelaku UMKM yang merasakan langsung manfaat dari pelatihan dan pendampingan yang diberikan. Selain itu, kontribusi mahasiswa dalam kegiatan ini juga memperkuat hubungan antara kampus dan masyarakat dalam rangka membangun kesejahteraan bersama.

Dengan semangat gotong-royong, diharapkan program PKM ini dapat menjadi langkah awal dalam menciptakan dampak yang berkelanjutan, baik dalam aspek ekonomi, kesehatan, maupun pengembangan sumber daya manusia di Desa Hang Tuah.

Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) adalah institusi pendidikan tinggi yang berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif melalui program pengabdian kepada masyarakat, penelitian, dan pendidikan berkualitas.

Melalui kegiatan PKM ini, UMRI terus berupaya memberikan dampak langsung kepada masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup.


Loading...
BERITA LAINNYA