Mahasiswa KKN UNRI Buat Website dan Peta Digital Desa Gunung Mulya

Kamis, 11 Agustus 2022 - 12:03:14 wib | Dibaca: 979 kali 
Mahasiswa KKN UNRI Buat Website dan Peta Digital Desa Gunung Mulya
Foto bersama Kades di Kantor Desa Gunung Mulya

GAGASANRIAU.COM, KAMPAR - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Riau (UNRI) buat peta dan website Desa Gunung Mulya, Kecamatan Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Tim KKN UNRI, Hanifa Febriani mengatakan, pembuatan website desa bertujuan untuk membantu desa dalam memudahkan mendapatkan informasi desa secara online dan peta digital yang bisa diakses lewat android. 

"Dengan begitu masyarakat diluar maupun masyarakat di desa dengan mudah mendapat kan informasi seputar Desa Gunung Mulya," kata Hanifa, Kamis (11/8).

Selain itu, pembuatan peta desa bertujuan guna membantu masyarakat di Desa Gunung Mulya untuk mengetahui batas wilayah Desa Gunung Mulya dengan Desa Gunung Sari dan perbatasan dengan Kuantan Singingi. 

"Kita menciptakan informasi secara digitalisasi agar masyarakat mudah mengetahui batas batas wilayah dan batas antar dusun Desa Gunung Mulya," terangnya.

Dalam pembuatan peta dan website desa mendapat respon positif dan dukungan dari kepala desa beserta perangkatnya. Karena Desa Gunung Mulya memang belum mempunyai website desa.

"Dari dulu memang sudah berencana ingin membuat, namun belum terlaksana sampai sekarang. Alhamdulillah dengan adanya Tim KUKERTA UNRI ini dapat membantu dalam pembuatan website,” ujar Kepala Desa Gunung Mulya.

Di dalam website desa ini memuat berbagai informasi seputar Desa Gunung Mulya dimulai dari profil desa, sejarah, laporan desa, kondisi pemerintahan dan BUMDES yang ada di Desa Gunung Mulya.

Dalam Pembuatan website desa, Tim Kukerta UNRI juga membantu memperbarui Struktur Perangkat Desa karena adanya pemekaran dusun. Tim Kukerta UNRI membantu membuat struktur perangkat Desa baru yang dijadikan spanduk dan akan di letakkan di Kantor Desa Gunung Mulya. 

Juga, dalam Pembuatan Peta dan Website Desa Tim Kukerta UNRI juga menambahkan barcode dimana barcode ini dapat memudahkan dalam pencarian informasi. 

"Hanya dengan menscan barcode maka secara otomatis akan diarahkan ke halaman peta atau website desa," terangnya.

Tim Pengabdian KKN UNRI ini berharap dengan adanya pembuatan website dan peta ini mampu mengenalkan kepada masyarakat luas bagaimana kondisi maupun potensi Desa melalui media digital dan sarana bagi kemajuan Desa Gunung Mulya.


Loading...
BERITA LAINNYA