Permudah Penyaluran Hibah dan Bansos, Kesra Inhil Terapkan Inovasi SAHABAT

Ahad, 23 Mei 2021 - 17:08:01 wib | Dibaca: 420 kali 
Permudah Penyaluran Hibah dan Bansos, Kesra Inhil Terapkan Inovasi SAHABAT
Bupati Inhil HM Wardan saat menyalurkan bantuan hibah kepada pengurus rumah ibadah.

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau meluncurkan inovasi SAHABAT (Sistem Administrasi Hibah Bansos Terpadu).

"Inovasi ini dalam rangka meningkatkan pelayanan administrasi untuk kepentingan masyarakat menyangkut penyaluran bantuan hibah dan sosial," kata Kepala Bagian Kesra Setda Inhil, H. Ridwan, S.Sos, M.Kes, Minggu (23/5/2021).

Peningkatan pelayanan tersebut mempermudah penyaluran bantuan hibah dan bansos berdasarkan Perbup Nomor 16 Tahun 2021 tentang Pedoman Pengeolaan Belanja Hibah dan Belanja Bantu Sosial yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

"Meningkatkan kualias pelayanan pada Bagian Kesra khususnya dalam memberikan Layanan Pengusulan Bantuan Hibah dan Bansos yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Indragiri Hilir," tegasnya.

Lebih lanjut H. Ridwan, S.Sos, M.Kes memaparkan, trobosan yang bersifat inovatif tersebut memanfaatkan teknologi informasi dan layanan konsultasi melalui via WhatsApp Admin Hibah Bansos Bagian Kesra untuk mempermudah masyarakat dalam pengajuan bantuan hibah.

"Kita berupaya memberikan kemudahan kepada badan/lembaga/organisasi bidang keagamaan, rumah ibadah, majlis taklim, taman pengajian dan kelompok pengajian dalam permohonan bantuan hibah barang dan hibah uang," jelasnya.

Bukan hanya memberikan kemudahan kepada kelompok organisasi dan lembaga, inovasi tersebut juga mempermudah pengajuan permohonan bagi pelajar atau mahasiswa kurang mampu/miskin mendapatkan bantuan tunjangan pendididikan.

"Bagi pelajar dan mahasiswa domisili di Inhil yang ekonomi keluarganya tidak stabil bisa terbantu melalui bantuan sosial untuk memperlancar biaya pendidikannya," terangnya.

Terakhir H. Ridwan, S.Sos, M.Kes menjelaskan, dengan adanya inovasi SAHABAT itu mempermudah Bagian Kesra melakukan proses verifikasi dan validasi data penerima hibah dan bansos agar terciptanya tertib administrasi, akuntabilitas dan transparansi penyerapan anggaran tersebut.

"Mempermudah dalam verifikasi dan validasi data sehingga Kesra memiliki basis data untuk perencanaan tahun berikutnya," terangnya.

Untuk diketahui, inovasi SAHABAT tersebut disediakan ruang konsultasi bagi pemohon bantuan hibah dan bansos melalui website Klik SetdaInhil atau via WhatsApp untuk menghubungi Admin “SAHABAT”.


Loading...
BERITA LAINNYA