Keseruan Pengalaman Magang Mahasiswa UMRI di PT Saumy Gemilang Indonesia

Selasa, 28 Februari 2023 - 12:42:49 wib | Dibaca: 788 kali 
Keseruan Pengalaman Magang Mahasiswa UMRI di PT Saumy Gemilang Indonesia

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang dirancang oleh Menteri Pendidikan dan kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. 

Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dibentuk oleh Universitas Muhammadiyah Riau yang resmi dibuat pada tahun 2020 dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi kemajuan sosial, budaya dan dunia kerja.

Adapun 8 program dari MBKM ini diantaranya adalah pertukaran pelajar, praktik magang kerja, Asisten mengajar di satuan pendidikan, penelitian atau riset,proyek kemanusiaan, kegiatan Wirausaha, studi proyek independen dan membangun desa. Salah satu program yang diikuti oleh Universitas Muhammadiyah Riau Prodi Akuntansi adalah Program Magang

Program magang MBKM ini dikonversi sebanyak 20 SKS, dimana artinya mahasiswa/mahasiswi yang mengikuti kegiatan MBKM ini tidak lagi mengikuti perkuliahan di semester yang sedang ditempuh dan nilai yang digunakan untuk KRS adalah nilai pada saat magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Prodi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Riau mengikut sertakan 1 orang mahasiswanya untuk magang kerja di PT Saumy Gemilang Indonesia yang beralamat di JL.Pelangi 1,Bukit Barisan-Pekanbaru. PT Saumy Gemilang Indonesia berdiri pada Desember 2020. Dan saya yang terpilih untuk magang di PT Saumy Gemilang Indonesia. 

Perkenalkan saya Eka Yuliana Fitri merupakan salah satu Mahasiswa Prodi Akuntansi Semester 7 yang berhasil lolos seleksi yang magang di PT Saumy Gemilang Indonesia dan ditempatkan pada bagian Project Control.

Magang di Perusahaan emangnya seru?seperti yang teman-teman ketahui,magang di Perusahaan  tentu saja seru banget. Banyak pengetahuan baru yang mungkin tidak kita dapatkan selama dibangku perkuliahan. PT Saumy Gemilang Indonesia menjadi salah satu mitra yang diadakan di Universitas Muhammadiyah Riau Prodi Akuntansi sejak awal 2022 bulan akhir.

Apa itu Project Control?Project Control (PC) adalah Seseorang yang bertanggung jawab untuk mengontrol bagian proyek. di PT Saumy Gemilang Indonesia ini apa apa sajasih tugas dari Project Control tersebut?Mari kita lihat apa sajakah tugas dari Project Control tersebut.

Apa sajasih tugas dibagian Project Control?Tugas dibagian Project Control ini yakni mengontrol semua project pada perusahaan,terdiri dari lama waktu pekerjaan suatu project dan dana yang didapatkan dari suatu project,Mengontrol keuangan perusahaan,membuat monthly report serta melakukan promosi perusahaan agar perusahaan lebih dikenal luas.

Selama magang di PT Saumy Gemilang Indonesia banyak ilmu yang baru yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya. seperti bertemu dengan banyak orang yang sebelumnya belum pernah saya jumpai,turun kelapangan mengambil sample air limbah PT Habi di Perawang,Mengunjungi kantor Pajak untuk berdiskusi mengenai permasalahan Pajak seperti mengapa bisa Kurang bayar,Serta di PT Saumy Gemilang Indonesia ini saya mengetahui bagaimana penggunaan software keuangan FINATA.

Berikut Kegiatan Selama Magang Di PT Saumy Gemilang Indonesia:
1. Visit lapangan Delha ke Isuzu
2. Turun ke lapangan pengambilan sample air limbah di PT Habi di Perawang
3. Mengambil sample Udara kebisingan diParkiran PT Habi di Perawang
4. Belajar membuat Efaktur Pajak 
5. Meeting Bersama bapak Direktur membahas mengenai Projek yang akan dikerjakan
6. Menyusun Nota pengeluaran belanja PT Saumy Gemilang Indonesia
7. Membuat Laporan Neraca Bulanan PT Saumy Gemilang Indonesia 
8. Menginput Laporan Bulanan PT Saumy Gemilang Indonesia yang sebelumnya dibuat kedalam Ms.Excel dan diinput ke Aplikasi Finata
 
Bagaimana menarik bukan setelah melihat foto dokumentansi diatas. magang di PT Saumy Gemilang Indonesia ini selain menambah ilmu wawasan mengenai keuangan kita juga mengetahui berbagai macam ilmu yang belum pernah kita pelajari sebelumnya selama berkuliah di Universitas Muhammadiyah Riau.

Penulis: Eka Yuliana Fitri Universitas Muhammadiyah Riau


Loading...
BERITA LAINNYA