Dosen Umri Lakukan Pengabdian Tingkatkan Kemampuan Literasi di TK Bustanul Athfal V

Selasa, 07 Maret 2023 - 12:05:50 wib | Dibaca: 513 kali 
Dosen Umri Lakukan Pengabdian Tingkatkan Kemampuan Literasi di TK Bustanul Athfal V
Tiga orang dosen Program Studi Pendidikan Informatika Universitas Muhammadiyah (UMRI) menggelar pengabdian masyarakat di TK Bustanul Athfal V Pekanbaru, Jumat (9/12/22).

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa TK Bustanul Athfal V dan juga kompetensi guru, tiga orang dosen Program Studi Pendidikan Informatika Universitas Muhammadiyah (UMRI) menggelar pengabdian masyarakat di TK Bustanul Athfal V Pekanbaru, Jumat (9/12/22).

TK Bustanul Athfal V Pekanbaru merupakan salah satu persyarikatan Muhammadiyah yang bergerak dibidang Pendidikan. TK ini terletak di pusat kota Pekanbaru, tepatnya di jalan utama Jendral Sudirman.

Beberapa guru TK Bustanul Athfal V Pekanbaru  menjadi peserta dalam kegiatan yang merupakan kewajiban bagi dosen-dosen UMRI selain mengajar dan meneliti ini.

Ketua Pelaksana, Finanta Okmayura mengatakan bahwa pengabdian masyarakat ini merupakan suatu kewajiban dosen yang dilakukan minimal satu kali tiap semesternya.

"Dalam Pengabdian dosen UMRI kali ini para dosen mendapatkan hibah dari Riset Muhammadiyah Batch VI tahun 2023," kata Finanta.

Menurutnya, setelah dilakukan observasi sebelumnya selama pandemi covid ini kemampuan literasi membaca murid TK mengalami penurunan, sehingga kami tertarik untuk melakukan pengabdian pada TK Bustanul Athfal V Pekanbaru  ini.

"Untuk itu, saya bersama dua dosen lainnya, memberikan pelatihan Pelatihan Pembuatan Media  Pembelajaran Mengenal Huruf Dan Literasi Membaca Berbasis Video Animasi Untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa dan peningkatan  kompetensi guru Tk Aisiyah Bustanul Athfal V Pekanbaru," sebutnya.

Finanta berujar pengabdian tersebut para dosen memberikan pelatihan tentang pembuatan media  pembelajaran mengenal huruf dan literasi membaca berbasis video animasi  yang menarik berbasis android.

"Dengan adanya pengabdian ini diharapkan mampu  meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa. 

Kepala sekolah TK Aisiyah Bustanul Athfal V Pekanbaru Siti Nurhasimah merasa senang dengan pelatihan  ini karena meningkatkan daya tarik anak dalam membaca.

"Saya bersyukur dengan adanya pelatihan karena ini sangat menarik dan saya  berharap bawah dengan adanya video animasi yang menarik  ini mampu kemampuan literasi membaca siswa," jelas Siti.


Loading...
BERITA LAINNYA