Kukerta UNRI Gelar Pelatihan Leadership Kemampuan Dasar Kepemimpinan di Yayasan MA Al-Muhajirin Desa Pancuran Gading

Senin, 07 Agustus 2023 - 15:36:44 wib | Dibaca: 3427 kali 
Kukerta UNRI Gelar Pelatihan Leadership Kemampuan Dasar Kepemimpinan di Yayasan MA Al-Muhajirin Desa Pancuran Gading
Mahasiswa Kukerta UNRI foro bersama usai melaksanakan Pelatihan Leadership Kemampuan Dasar Kepemimpinan di Yayasan MA Al-Muhajirin Desa Pancuran Gading, Sabtu Pagi, (29/7/2023).

GAGASANRIAU.COM, KAMPAR - Program Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Membangun Desa Universitas Riau (UNRI) tahun 2023 merupakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Pancuran Gading Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Provinsi Riau yang diselenggarakan selama 40 hari terhitung pada 08 Juli hingga 18 Agustus 2023.

Kegiatan Pelatihan Leadership ini diikuti oleh siswa/i Yayasan MA Al-Muhajirin Pancuran Gading, dengan target kelas XI diutamakan yang mengikuti Organisasi Siswa Madrasah (OSMA). Mahasiswa Kukerta UNRI melaksanakan Pelatihan Leadership dengan kerjasama dengan Yayasan Al-Muhajirin Desa Pancuran Gading, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau.

Kegiatan itu diawali dengan pembukaan kegiatan oleh Anggun Dwi Cahyani Fitri (Mahasiswa UNRI) dan Sambutan dari Bapak Saipul Bahri, S.Ag yang bertindak sebagai Kepala Sekolah Yayasan Al-Muhajirin, Sabtu Pagi, (29/7/2023).

“Pelatihan Leadership ini sangat penting untuk siswa/i kelas XI karena siswa/i kelas XI ini akan melanjutkan kepemimpinan OSMA berikutnya, pelatihan ini juga sangat penting untuk masa depan, pendidikan selanjutnya, bermasyarakat serta kehidupan berumah tangga,” kata Saipul Bahri.

Sebagai bentuk pelatihan dasar kepemimpinan, Mahasiswa UNRI memberikan beberapa materi, seperti pengertian kepemimpinan, hal-hal yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, gaya/tipe kepemimpinan serta sifat-sifat dari tipe seorang pemimpin.

Fuad Zikri selaku pengisi pemateri Pelatihan Leadership dari Mahasiswa Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) FAPERIKA UNRI dengan jabatan sebagai Ketua KUKERTA Membangun Desa, Desa Pancuran Gading 2023.

“Kepemimpinan adalah pribadi atau orang yang mampu mempengaruhi individu dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan bersama. Dengan disampaikannya materi Leadership ini akan memberikan sedikit ilmu tentang kepemimpinan yang nantinya akan menjadi bekal untuk rekan-rekan kelas XI di MA Al-Muhajirin yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan OSMA selanjutnya,” kata Fuad Zikri.

Diakhir materi yang disampaikan, pemateri berinteraksi langsung dengan memanggil beberapa siswa/i serta menanyakan apa saja yang mereka ketahui tentang Leadership. Interaksi ini secara tidak langsung bertujuan melatih siswa/i untuk berani berbicara dan menyampaikan pendapat mereka di depan umum.

Untuk diketahui, Tim KUKERTA Membangun Desa Gelombang 2 Universitas Riau Desa Pancuran Gading 2023 dengan anggota lengkap Fuad Zikri (Manajemen Sumberdaya Perairan) sebagai Ketua, Anggun Dwi Cahyani Fitri (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini) sebagai Sekretaris I, Putri Mardiyanti Fitri (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini) sebagai Sekretaris II, Haifa Muthi (Manajemen Sumberdaya Perairan) sebagai Bendahara, Ahmad Zakaria (Manajemen Sumberdaya Perairan) & Shelly Isya Ramadhani (Sosiologi) sebagai Tim Humas, Muhammad Ijlal Ghaly & Gita Putri Sadelina (Manajemen Sumberdaya Perairan) sebagai Tim Infokom dan Al Arif Febrian (Manajemen Sumberdaya Perairan) & Annisa Delia Putri (Sosiologi) sebagai Tim Korlap. Menjalankan kegiatan KUKERTA dengan bimbingan serta arahan dari Ibu Mardiana, SE., M.Si. 
 

Penulis: Anggun Dwi Cahyani Fitri & Putri Mardiyanti


Loading...
BERITA LAINNYA