Samino Layak Jadi Bupati Inhil

Ahad, 10 Desember 2023 - 11:07:26 wib | Dibaca: 1496 kali 
Samino Layak Jadi Bupati Inhil
Samino

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Siapa yang tidak kenal dengan politisi berdarah Jawa yang sering mengurus dan membantu masyarakat mengurus administrasi untuk persoalan berobat. Ia adalah Samino yang saat ini menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau.

Sosok Mas Samino dikenal dengan kesederhanaan lemah lembut dan berwibawa. Sebelum terpilih menjadi anggota DPRD, ia hanyalah seorang pria penjual es keliling. Namun berkat kedekatannya dengan Masyarakat dan sering mengurus warga berobat, siapa sangka dipilih mewakili masyarakat.

Saat ini Samino menjabat Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Indragiri Hilir mulai banyak dibincangkan kelompok-kelompok masyarakat tentang kemungkinan dirinya diusung jadi calon Bupati Indragiri Hilir periode 2024-2029. 

Dari banyak tempat di berbagai kecamatan, Samino dibicarakan masyarakat yang menilai Samino layak menjadi Bupati Indragiri Hilir. Samino yang banyak dikenal masyarakat kalangan bawah itu diminta untuk mau menerima dan mempertimbangkan usulan kalangan masyarakat tersebut.

Menurut beberapa kelompok masyarakat yang memperbincangkan sosok Ketua DPC PDIP Inhil itu, ia yang dikenal begitu dekat dengan masyarakat berbagai kalangan itu adalah sosok yang sederhana dan mengerti tentang kondisi masyarakat, terutama masyarakat kelas menengah ke bawah yang memiliki berbagai problem sosial dan ekonomi saat ini. 

‘’Kayaknya sekarang kita belum nampak jelas siapa yang akan cocok memimpin Inhil ini ke depan. Dan pak Samino yang dikenal berasal dari wong cilik dan mengerti dengan wong cilik ini," ujar Ujang, warga Sei Beringin mengaku setuju dengan sosok Samino yang dalam pandangannya bersahaja itu.

Ujang menilai sosok Samino yang tak berbatas dengan masyarakat kecil membuat masyarakat merasa nyaman, paham dengan masalah yang dihadapi oleh masyarakat Indragiri Hilir, khususnya masyarakat petani. Sangat cocok memimpin Negeri Seribu Parit julukan (Kabupaten Indragiri Hilir). 

"Saya kira pas dan cocok untuk memimpin Inhil ini ke depan," terangnya.

Seperti kita ketahui, problem masyarakat petani Inhil, khususnya petani kelapa, yang dari periode ke periode kepemimpinan Bupati terlihat tak kunjung menggembirakan, membuat tantangan berat bagi calon Bupati Inhil ke depan. 

Rumitnya penyelesaian harga kelapa rakyat ditambah lagi kondisi alam yang membutuhkan pembangunan tanggul yang komprehensif dan berkesinambungan untuk perkebunan kelapa rakyat, menjadikan calon Bupati Inhil ke depan haruslah orang yang betul-betul memiliki komitmen dan tidak terpasung oleh kondisi politik tertentu.

Penilaian yang tak kalah hebat ternyata juga datang dari salah seorang alumni UNISI yang juga mantan Anggota Bawaslu Inhil, Andang Yudiantoro. Menurut Andang, profile tokoh Inhil ke depan selain memiliki kemampuan penguasaan darah Inhil yang kompleks.

Ia juga harus seorang figur yang bisa merasakan dan menghayati keluhan masyarakat dan berani melakukan terobosan yang tidak populer sekalipun demi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

‘’Bagaimanapun pak Samino adalah tokoh yang patut diperhitungkan untuk diusung menjadi calon pemimpin Inhil ke depan. Kita tidak apriori mau dari mana asal orangnya, asal dia memiliki perhatian dan komitmen untuk kemajuan Inhil dan mensejahterakan masyarakat Inhil ke depan, maka ia patut kita dukung. Dan saya kira pak Samino mampu dan berkompeten untuk itu,’’ ujar aktivis hukum Indragiri Hilir itu.


Loading...
BERITA LAINNYA