Aksi Pasar Progresif Riau: Pantau Harga Sembako Mahal, Besok Dijual Murah

Ahad, 31 Desember 2023 - 14:58:16 wib | Dibaca: 4232 kali 
Aksi Pasar Progresif Riau: Pantau Harga Sembako Mahal, Besok Dijual Murah
PROGRESIF Wilayah Riau saat menggelar 'Aksi Pasar' di Pasar Pagi Arengka, Pekanbaru, Sabtu (30/12/2023)

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Relawan Program Gotong Royong untuk Ekonomi Sejahtera dan Inklusif (PROGRESIF) Wilayah Riau menggelar 'Aksi Pasar' di Pasar Pagi Arengka, Pekanbaru, Sabtu (30/12/2023), untuk memantau harga sembilan bahan kebutuhan pokok masyarakat.

"Kegiatan itu bertajuk; 'Aksi Pasar, Tebus Murah'. Karena selain memantau pasar, besok pada Minggu pagi (31/12/2023) kami juga akan menjual kembali sembako hasil belanja tadi di Pasar Pagi Arengka dengan harga yang murah," kata Waki Direktur Wilayah Riau, Yahya saat kegiatan itu.

Kegiatan ini menurut dia adalah wujud kepedulian Relawan Progresif terhadap lonjakan harga sembako yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir, jelang Natal dan Tahun Baru 2024.

"Aksi pasar ini kita lakukan juga untuk menampung aspirasi masyarakat sekaligus mengenalkan program ekonomi kerakyatan yang dimiliki pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar-Mahfud," kata Yahya.

Deputi Program Progresif Wilayah Riau, Fazar Muhardi pada kesempatan sama mengatakan, selain memantau harga sembako, tim juga berbincang dengan pedagang dan masyarakat.

"Di Pasar Pagi Arengka kami mendapat sambutan hangat dari para pedagang dan masyarakat yang berbelanja. Semua bergembira dengan kedatangan kami dan mereka curhat soal harga sembako yang terus mengalami kenaikan sejak beberapa pekan terakhir," kata Fazar.

Seperti kata Netti, pedagang barang harian ini mengakui mahalnya harga sembako membuat daya beli masyarakat menurun hingga berdampak pada omset harian di warungnya.

Yusrizal, pedagang di pasar yang sama juga mengakui kenaikan harga juga terjadi untuk bawang merah, dari semula Rp18.000 saat ini menjadi Rp27.000 per kilogram.

Masyarakat belanja, Julian, mengharapkan pemimpin yang akan datang mampu untuk menjaga stabilitas harga sembako.

"Kalau memang Pak Ganjar sama Pak Mahfud jadi, tolong jaga harga sembako jangan sampai terus naik. Terus kami mohon adalah beasiswa untuk anak-anak kami bisa sekolah sampai sarjana," kata Julian.

Deputi Progresif  Fazar menjelaskan, pihak menampung semua aspirasi pedagang dan masyarakat itu.

Selain itu, lanjut dia, Tim Relawan Progresif juga berbelanja bahan kebutuhan pokok di pasar tersebut seperti gula dan minyak goreng yang harganya saat ini memang mengalami kenaikan signifikan.

"Gula yang tadinya hanya Rp14.000 per kilogram, sekarang harganya melambung jadi Rp18.000. Begitu juga dengan minyak goreng merk 'Kita', dari sebelumnya hanya Rp11.000 sekarang menjadi Rp14.000 per liter," katanya.

Hasil belanja sembako ini, demikian Fazar, besok (Minggu 31/12/2023) akan dijual kembali di Lokasi 'Car Free Day' Jalan Ahmad Yani, samping Kantor Gubernur Riau.

"Pagi sekitar jam 06.00 WIB Tim Progresif sudah membuka lapak 'Tebus Murah' di lokasi itu. Potongan harga 40-50 persen. Ini kami lakukan untuk mengurangi beban masyarakat atas kenaikan harga sembako," katanya. 


Loading...
BERITA LAINNYA