Pertama Sepanjang Sejarah, PDIP Riau Juara Pemilu 2024 di Bumi Lancang Kuning

Sabtu, 24 Februari 2024 - 20:03:45 wib | Dibaca: 5333 kali 
Pertama Sepanjang Sejarah, PDIP Riau Juara Pemilu 2024 di Bumi Lancang Kuning
Haji Zukri Misran, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Haji Zukri Misran, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Riau memastikan partai berlogo banteng moncong putih tersebut berhasil memperoleh jabatan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riiau pada Pemilihan Legilatif (Pileg) 2024 ini. Kemenangan PDIP ini membuat Partai Golkar tumbang pada jabatan Ketua DPRD Riau.

Karena PDIP Riau berhasil memperoleh 11 Kursi dari 8 Daerah Pemilihan (Dapil) yang ada di tingkat provinsi.

Jumlah perolehan 11 kursi tersebut dengan rinciannya, :

1. Dapil Riau 1 meliputi Kota Pekanbaru  perolehannya, 1 kursi
2. Dapil Riau 2 meliputi Kabupaten Kampar perolehanya 1 kursi
3. Dapil Riau 3 meliputi Kabupaten Rokan Hulu perolehanya 1 kursi
4. Dapil Riau 4, meliputi Kabupaten Rokan Hilir perolehanya 1 kursi
5. Dapil Riau 5, meliputi Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai, Kabupaten Kepulauan Meranti  perolehannya 3 kursi
6. Dapil Riau 6, meliputi Kabupaten Siak-Pelalawan perolehannya 2 kursi
7. Dapil Riau 7, meliputi Kabupaten Indragiri Hlir perolehannya 1 kursi
8. Dapil Riau 8, meliputi Kabupaten Indagiri Hulu-Kuantan Singingi perolehannya 1 kursi    

Bahkan untuk di tingkat Kabupaten/Kota PDIP juga menempatkan Ketua DPRD. Kabupaten kota yang berhasil mendapat kursi pimpinan tersebut diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hulu, dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

Sementara untuk pimpinan sebagai Wakil Ketua DPRD yakni di DPRD Kota Pekanbaru,

Haji Zukri Misran, Ketua Dewan Pimpinan Daerah, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Provinsi Riau, mengatakan bahwa jumlah perolehan kursi tersebut diprediksi sudah sejak awal sebelum pemilu 2024 dimulai.

"Kita melakukan pemetaan secara matang dan riset secara mendalam dengan target maksimal dapat Ketua DPRD Riau dan, Alhamdulilah target tersebut tercapai berkat kerja gotong royong seluruh kader PDI Perjuangan dan simpatisan di seluruh Riau " ungkapHaji Zukri.

Selain itu juga kata Haji Zukri, seluruh kader partai mulai dari tingkat Kabupaten/kota hingga ranting bahkan badan dan sayap organisasi partai dikerahkan secara maksimal dan fokus bisa memenangkan partai dan Calon Presiden Ganjar-Mahfud.

"Dengan ini juga kami keluarga besar PDI Perjuangan Provinsi Riau mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Provinsi Riau yang telah memberikan kepercayaannya kepada PDI Perjuangan untuk menjadi wakil-wakilnya di Parlemen, serta Ketua Umum Ibu Hajjah Megawati Soekarnoputri dan para pimpinan di DPP PDI Perjuangan yang terus memberikan bimbingan dan arahan kepada seluruh jajaran PDI Perjuangan Provinsi Riau.

Untuk diketahui, dengan direbutnya kursi Ketua DPRD Riau dari parlemen ini menjadi catatan sejarah bagi PDIP Perjuangan Riau, karena pretasi tersebut kali pertama partai berlogo banteng moncong putih menjadi juara pada Pemilu dibawah kepemimpinan Haji Zukri Misran.


Loading...
BERITA LAINNYA