Pemprov Riau Siapkan Rp. 38 Milyar Untuk Wirausaha Dan Koperasi

Rabu, 29 Januari 2014 - 14:54:26 wib | Dibaca: 2042 kali 

Gagasanriau.com ,Pekanbaru-Pemerintah Provinsi Riau telah siapkan anggaran mencapai Rp 38 miliar untuk meningkatkan minat kewirausahaan dan koperasi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Riau Raja Indra Bangsawan. Ia mengatakan peningkatan itu, menyusul fokus Pemprov tahun ini untuk UKM untuk menambah jumlah wirausahawan baru, serta diversifikasi jenis usaha.

Anggaran tersebut, nantinya akan digunakan antaralain untuk mengadakan pelatihan dan bantuan sarana sesuai dengan rekomendasi pemerintah daerah kabupaten/kota setempat. Dia menyebutkan untuk kegiatan itu saja, anggaran yang dialokasikan mencapai Rp3 miliar.

“Dana Rp. 3 miliar dan itu hanya untuk bantuan secara fisik saja. selebihnya dipergunakan untuk bermacam pelatihan dan akomodasi" ungkapnya kepada gagasanriau.com,Rabu (29/1/14).

Dan ia juga menuturkan saat ini  jenis UKM yang mendominasi adalah sektor pertanian dengan porsi mencapai 57% yang tersebar di seluruh kabupaten/kota.

Dan semuanya rata rata bergerak dibidang  perkebunan sawit yang perekonomiannya sangat dipengaruhi oleh fluktuasi harga tandan buah segar (TBS) sawit.

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Riau jumlah UKM keseluruhan mencapai 525.800 pelaku. Adapun, yang bergerak di sektor pertanian sebanyak 301.182 pelaku dan sektor perdagangan 144.084 pelaku.

Selain itu, untuk meningkatkan UKM tersebut, pihaknya bakal menambah jumlah koperasi, selain mempertahankan koperasi yang sudah aktif. Tahun lalu,  jumlah koperasi aktif mencapai 3.670 unit dan yang tidak aktif sebanyak 1.509 unit.

Dia mengungkapkan masalah yang seringkali terjadi diantaranya pengurus yang jarang mengadakan rapat anggota, permasalahan internal, sampai pengelolaan dana. Petugas penyuluh dan pendamping akan disiapkan pada beberapa dinas koperasi setempat untuk mencegah koperasi menjadi tidak aktif.

Dian Rosari


Loading...
BERITA LAINNYA