Lingkungan

Riau Memasuki Kondisi Gawat Kebakaran Hutan Dan Lahan

Slamet menjelaskan, titik panas tersebut berdasarkan pantauan sensor modis yang terpasang pada satelit Terra dan Aqua. Tiga titik di Riau, tersebar di dua kabupaten/kota, masing-masing Dumai dua titik dan Bengkalis satu titik.

"Dengan tingkat kepercayaan di atas 70 persen yang menandakan titik api atau potensi kebakaran lahan dan hutan di Riau terjadi pada dua titik yakni Kecamatan Bukit Kapur, Dumai dan Kecamatan Rupat, Bengkalis," jelasnya.

Satuan Tugas Udara Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Riau hingga kemarin dilaporkan, terus melanjutkan penanggulangan kebakaran dengan operasi water bombing atau pengeboman air melalui udara.

"Pengeboman air dengan menggunakan helikopter dan pesawat Air Tractor dilakukan di wilayah Rokan Hilir, Bengkalis, Dumai dan Pelalawan," kata anggota Satgas Udara Karhutla Riau Lettu Sherif Yanuardi. Baca Kebakaran Hutan Dan Lahan Kepung Pekanbaru

Ia menjelaskan, pantauan terakhir kebakaran terjadi di wilayah Kabupaten Rokan Hilir dan telah menyebar di sejumlah titik diantaranya Kecamatan Bangko, Kecamatan Pujud, dan Kecamatan Tanah Putih.

Berdasarkan pantauan dari udara, ia menjelaskan kebakaran lahan di wilayah tersebut, masih cukup besar karena mengakibatkan asap mengepul membumbung tinggi ke udara.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar