Daerah

Sekda Inhil: Hindari Kongkalikong Saat Susun Anggaran



1. Perhatikan jadwal dan tahapan proses penyusunan, pembahasan dan penetapan APBD Tahun Anggaran 2017 dan secara substansial APBD tetap diorientasikan pada upaya pemenuhan kepentingan masyarakat yang bersifat inklusif.

2. Penyusunan  KUA-PPAS harus berpedoman pada RKPD Tahun 2017 dan prioritas pembangunan nasional dalam RKP Tahun 2017, dengan memperhatikan prioritas pembangunan daerah dan kemampuan keuangan daerah.

3. Dalam pembahasan penyusunan anggaran hindari kongkalikong.

4. Pastikan anggaran yang telah didedikasikan untuk rakyat benar-benar berjalan secara efisien dan dijaga dengan penuh integritas sehingga berjalan efisien.

5. Ubah pandangn 'Money Follow Function' dan 'Money Follow Organization menjadi 'Money Follow Program.

6. Penyederhanaan nomenklatur anggaran agar lebih jelas, 'to the point', dan tidak absurd.

7. Pemberian hibah dan bantuan sosial agar dilakukan secara selektif dengan kriteria yang jelas sesuai peraturan kepala daerah yang telah disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan di bidang hibah dan bantuan sosial.

8. Anggaran untuk belanja modal diperbesar.

9. Menyampaikan laporan realisasi apbd  semester pertama dan tahunan secara tepat waktu, sehingga pelaksanaan dan penyerapan anggaran dapat terpantau lebih awal untuk menentukan langkah-langkah perbaikannya.**ADV

Humas/Daud M Nur


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar