Daerah

Lihat Pengolahan Sabut Kelapa, Mahasiswa Swedia Datang Ke Inhil

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Didampingi PERPEKINDO (Perhimpunan Petani Kelapa Indonesia) Riau, lima orang mahasiswa Program Doktoral jurusan Design Teknik Lund University Swedia pada tanggal 11-12 Desember 2017 lalu berkunjung ke Sungai Guntung Kabupaten Inhil.

 

Kunjungan dari Universitas terkemuka Swedia ini ke salah satu penghasil kelapa di Negeri Hamparan Kelapa Dunia ini bertujuan untuk melihat pemanfaatan sabut kelapa di Indonesia terutama Indragiri Hilir seperti serat sabut cocofibre untuk dijadikan bahan baku packaging yang bernilai tinggi di negara Eropa.

 

Dalam kunjungan ini mahasiswa yang berasal dari berbagai negara itu di dampingi oleh Mr. Galih Batara Muda dari Jakarta dan dari PERPEKINDO Riau. Mereka langsung melihat pengolahan sabut kelapa

 

Selanjutnya, para rombongan juga mengunjungi pabrik sabut di Desa Penjuru Kecamatan Kateman. Rombongan di sambut langsung oleh pemilik satu satunya pabrik sabut di inhil Mr. Adi. Disamping menjelaskan proses industri sabut di tempatnya, Mr. Adi juga berharap kunjungan ini membuka peluang kerjasama dan riset tentang penggunaan sabut.

 

"Kami sangat bangga atar kunjungan ini apalagi kedatangan mahasiswa universitas terkenal dari swedia. Semoga akan memperkenalkan sabut kelapa kami ke negara eropa yang nantinya akan membuka peluang ekspor cocofiber dan cocopeat ke Eropa," harap Adi, pengusaha kelahiran inhil ini, Selasa (12/12/2017)

 

Bukan hanya pengolahan sabut, mereka juga melihat secara dekat pengelolaan kelapa dalam dan kelapa hybrida oleh masyarakat setempat. Juga pembuatan arang kelapa dan pembuatan kopra putih

 

Sedangkan kunjungan di Desa Beringin Mulya Teluk Belengkong. Para mahasiswa disambut oleh bapak Biwi Suwito pelaku usaha kopra putih Inhil yg telah memasarkan kopra putihnya ke India melalui Bangladesh.

 

"Di Tembilahan nanti,  tim ini akan bertemu dengan Bupati Inhil, berkunjung ke tempat pembuatan gula kelapa, industri virgin coconut oil serta bertemu dengan civitas academika Universitas Islam Indragiri (UNISI). Semoga kunjungan ini membawa manfaat bagi petani kelapa khususnya dan masyarakat inhil pada umumnya," ujar Burhanuddin Rafik ketua PERPEKINDO Riau didampingi Mr. Nawawi

 

Reporter: Daud M Nur 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar