Daerah

Ini Wujud Sinergitas Penanganan Karhutla di Tempuling dan Kempas

Sinergitas penanganan karhutla di Inhil
 
GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN-Kesinergisan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) antara  Manggala Agni, TNI, Polri dan masyarakat dengan melakukan patroli terpadu di Kecamatan Tempuling dan Kempas terus berjalan dengan baik, Senin (19/02/2018).
 
Anggota Manggala Agni Provinsi Riau, bersama Koramil 03/Tempuling menyampaikan Sosialisasi Tentang Taktik dan Strategi Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di hadapan masyarakat dan para petani secara langsung.
 
''Selama ini masyarakat yang belum tersentuh yang berada di pelosok belum tau akibat pelanggaran Karhutla, dan dengan adanya Sosialisasi secara langsung maka mereka sudah mulai tahu aturan dan sanksi, sehingga kami inginkan untuk kedepannya ini mungkin lebih ditingkatkan kesinergisan antara Unsur TNI/Polri dan Manggala Agni,'' ungkap Danramil 03/Tempuling Kapten Arh Sugiyono disela-sela kegiatan sosialisasinya di Sungai Rabit. 
 
Kapten Arh Sugiyono juga mengatakan selain melakukan patroli bersama, belakangan ini Babinsa bersama Manggala Agni juga lebih mengedepankan pada upaya pencegahan Karhutla, karena jika pencegahan ini berhasil tentu tidak perlu melakukan pemadaman. Bahkan, Babinsa juga sudah menghimbau dan menyampaikan kepada masyarakat tentang aturan hukumnya, sehingga masyarakat yang selama ini belum tahu sudah mulai mengerti.
 
''Untuk Kesiapan menghadapi kemarau juga dari person kami sudah persiapkan personelnya, jadi kami sudah ready, ya mudah-mudahan untuk kedepannya tidak ada pemadaman jika kita berhasil diupaya pencegahan,'' harapnya lagi.
 
Jajaran Manggala Aqni sendiri sangat mengapresiasi keseriusan TNI, khususnya  Danramil 03/Tempuling dan Babinsa sebagai pendukung  terhadap penanggulangan Karhutla, karena keberadaannya langsung berhubungan dengan masyarakat dan terlibat langsung dalam upaya pemadaman Karhutla di Wilayah Kecamatan Tempuling dan Kempas.
 
''Sejauh ini kami juga sudah melakukan pengkaderan bermitra dengan perusahaan, masyarakat dengan melakukan pembinaan dan pelatihan-pelatihan melalui masyarakat peduli api. Artinya secara skill sudah merata sehingga hampir setiap lini baik perusahaan maupun masyarakat  sudah ada timnya,''  pungkas Danramil.***
 
Reporter : Daud M. Nur
Editor   : Evi Endri
 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar