Daerah

BUMDes Sumber Rejeki Gelar MDPT Tahun Buku 2021

PD DMIJ Plus Terintegrasi, Ade, saat menyerahkan pendapatan BUMDes Sumber Rejeki sebagai PAD Desa Kelapa Putih Desa sekaligus menggelar MDPT

GAGASANRIAU.COM, BELENGKONG - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Rejeki menggelar Musyawara Desa Pertanggungjawaban Tahunan (MDPT).

Musyawarah tersebut digelar di Kantor Desa Kelapa Putih Jaya, Kecamatan Belengkong, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, Sabtu (19/3/2022).

Penyampaian laporan pertanggungjawaban tahun buku 2021 tersebut dihadiri Kades Kelapa Putih Jaya Iswahyudi, S.Sos, BPD, FMP, FMT, FMB, PD DMIJ Plus Terintegrasi Ade, serta tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Direktur BUMDes Sumber Rejeki, Sahnep menyampaikan laporannya dimana ada tiga unit usaha yang dijalankan untuk peningkatan Pendapatan Asli Desa.

"Ada 3 unit usaha, yang pertama UED SP, Jasa Keuangan, dan Saprodi (Sarana Produksi) pertanian penyediaan pupuk, racun dan kebutuhan pertanian," papar Sahnep.

Lebih lanjut Sahnep memaparkan, untuk saat ini unit UED SP terkendala pada tunggakkan nasabah yang belum melunasi angsuran pinjamannya. Tidak kalah saing dengan Kur Bank karena bunga lebih kecil.

Bukan hanya jasa keuangan, usaha unit Saprodi juga mengalami jatuh bangun karena mengalami kemerosotan pendapatan dikarenakan kenaikan harga pupuk, ditambah lagi perekonomian petani belum stabil.

"Unit jasa keuangan melesat cepat, karena listrik sudah masuk desa jadi sekalian beli voucher listrik, ada juga jual voucher game," terangnya.

Namun, kata Sahnep, pendapatan BUMDes Sumber Reki Rp89.175.000 pertahun dari penghasilan tiga unit usaha UED SP, Jasa Keuangan, serta Saprodi tersebut.

Untuk meningkatkan penghasilan pendapatan BUMDes, Sahnep bersama pengurus BUMDes berencana membuat unit baru berupa jasa transportasi dan jual beli material.

"Belengkong daerah perairan, sangat cocok BUMDes bergerak di jasa transportasi. Selanjutnya jual beli material," ungkapnya.

Sahnep optimis BUMDes Sumber Rejeki mampu mengoptimalkan PAD serta meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Kades Kelapa Putih Jaya Iswahyudi, S.Sos berpesan kepada pengurus BUMDes agar berkerjasama secara maksimal dalam memajukan BUMDes.

"Kita berharap BUMDes lebih eksis dalam peningkatan PAD, maka pengurus BUMDes harus bekerjasama," pesannya.

Terkahir, PD DMIJ Plus Terintegrasi, Ade berpesan agar pengurus BUMDes bertanggungjawab dalam pengelolaan usahanya agar PAD bisa maksimal dan tercapai.

Ade juga meminta kepada pengurus untuk mengolah keuangan BUMDes dengan baik, membuat laporan tepat waktu agar keuangan BUMDes tertata dengan rapi.

"Bumdes diibaratakn sebagai lokomatif pembangunan desa, untuk mncapai bumdes terbaik itu tergantung pengelola Bumdes tersebut". Ujar Ade.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar