Daerah

Bersama Camat, Kepenghuluan Rantau Panjang Kiri Hilir Panen Raya Jagung

Panen raya jagung

GAGASANRIAU.COM, BAGANSIAPIAAPI - Pemerintah Kepenghuluan Rantau Panjang Kiri Hilir, Kecamatan Kubu Babussalam (Kuba), Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provisi Riau melakukan panen raya jagung manis program ketahanan pangan tahun 2022, Rabu (17/5/2023) sekitar pukul 09.00 WIB.

Panen raya jagung manis itu di hadiri langsung oleh Camat Kubu Babussalam, Hasan Usman SPd.MM, ketua PKK Kecamatan Kuba, Pj.Penghulu Rantau Panjang Kiri Hilir, Syafrizal Arsyad SPd, ketua PKK Kepenghuluan Rantau Panjang Kiri Hilir, Babinsa, Bhabinkamtibmas, ketua BPD, prangkat desa, tokoh masyarakat dan staf kantor Camat Kuba.

Dalam sambutannya, Pj. Penghulu Rantau Panjang Kiri Hilir, Syafrizal Arsyad SPd dalam mengatakan, program ketahanan pangan itu bersumber dari Dana Desa (DD) tahun Anggaran 2022.

"Ini anggaran tahun 2022, tapi baru kita realisasikan di tahun 2023, karena lokasi areal penanaman jagung  banjir akibat faktor alam sehingga sedikit molor waktu realisasinya," ujarnya.

Lanjut Penghulu, sukses program ketahanan pangan di desa yang ia pimpin, berkat keseriusan pemerintah desa bergandengan tangan dengan semua komponen yang ada.

"Keberhasilan program ketahanan pangan berkat dukungan semua pihak, khusunya masyarakat kelompok yang dibentuk sebagai pelaksana telah bersungguh-sungguh bekerja sehingga hari ini (Rabu red) bisa dilaksanakan panen raya jagung manis," akunya.

Diuraikan Penghulu, melalui program ketahanan pangan besar harapan nantinya mampu mendongkrak perekonomian masyarakat, ia juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah telah mengadakan program ketahanan pangan melalui dana desa.

"Semoga tahun ini (2023) ada lagi program tahanan pangan, sehingga melalui musyawarah dan mufakat bersama masyarakat, kita bisa terus menggali potensi desa melalui  pengembangan program ketahanan pangan dengan tujuan bisa mengangkat standar perekonomian warga," harapnya.

Sementara itu Camat Kuba, Hasan Usman SPd.MM mengapresiasi kinerja Pj.Penghulu Rantau Panjang Kiri Hilir telah melaksnakan program ketahanan pangan sebagaimana diharapkan pemerintah pusat.

"Ini baru perdana saya mengikuti panen raya, dulu pernah ada panen raya di Kepenghuluan Rantau Panjang Kiri, dihari yang sama bertepatan saya dinas luar Kecamatan, ini yang perdana, terimakasih kepada Datuk Penghulu Rantau Panjang Kiri Hilir  telah mengikut sertakan pemerintah Kecamatan dalam panen raya jagung manis ini," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, camat juga mengatakan, pemerintah Kepenghuluan Rantau Panjang Kiri Hilir telah berupaya penuh mensukseskan program ketahanan pangan, hal ini terbukti masyarakat bisa secara langsung mengikuti panen raya jagung manis hasil pertanian program ketahanan pangan.

"Meski hasil kurang maksimal akibat faktor alam, tapi masyarakat  sudah  mengetahui program ketahan pangan desa membuahkan hasil. Kedepanya, silahkan cari program ketahanan pangan apa lagi yang bisa dikembangan, tergantung hasil musyawarah bersama masyarakat," pungkasnya.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar