Daerah

SIMONA Versi 2 Produk Inovasi Bagian Administrasi Bagian Pembangunan Setda Inhil

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Untuk mempermudah penyusunan program, pengendalian program, serta evaluasi dan pelaporan, Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau meluncurkan produk inovasi Sistem Informasi Monitoring Lapangan Versi 2 (SIMONA V.2).

Kepala Bagian ADM Pembangunan Setda Inhil, Drs. H. Erwin, Se, Me, M,Si mengatakan, produk inovasi tersebut untuk menyelesaikan beberapa kendala dan permasalahan, khususnya permasalahan yang terkait penyusunan laporan hasil monitoring kegiatan pembangunan dan penyampaian laporan.

"Melalui aplikasi SIMONA, mempermudah kerja Bagian Pembangunan Setda Inhil dalam menyampaikan laporan sarana dan prasarana yang rusak berat. Melalui aplikasi itu juga, usulan dari masyarakat baik melalui sosial media akan disampaikan kepada Perangkat Daerah melalui SIMONA," papar Drs. H. Erwin, Se, Me, M,Si, Selasa (8/2/2023).

Dijelaskan Drs. H. Erwin, sebelumnya Bagian Pembangunan Setda Inhil masih menggunakan sistem manual yang menghambat kelancaran pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dari Bagian Administrasi Pembangunan dalam penyajian data progres kegiatan pembangunan di wilayah Kabupaten Inhil.

Maka dari itu, papar Drs. H. Erwin, Bagian Administrasi Pembangunan Setda Inhil membuat sebuah terobosan dalam meningkatkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi khususnya dalam pembuatan laporan hasil monitoring kegiatan pembangunan.

"Maka lahirlah inovasi SIMONA V.2 sebagai produk inovasi tata kelola pemerintahan pada Bagian Administrasi Pembangunan Setda Inhil," terangnya.

SIMONA V.2 produk inovasi beranggotakan ASN dan Non ASN dari Bagian Administrasi Pembangunan Setda Inhil yang memiliki peran sangat penting dalam penyajian data laporan hasil monitoring kegiatan pembangunan yang ada di Inhil. Informasi monitoring lapangan Versi 2 tersebut akan mempermudah koordinasi di antara petugas di lapangan dan juga adanya kejelasan pembagian tugas masing-masing petugas dalam pelaksanaan monitoring kegiatan pembangunan.

"Untuk mendukung percepatan penyampaian informasi dan komunikasi serta meningkatkan koordinasi diantara Tim, maka dibentuk pula Group WhatsApp SIMONA V.2  yang beranggotakan semua unsur yang terlibat dalam pelaksanaan tugas dan fungsi monitoring kegiatan pembangunan," terangnya.

Lebih lanjut Drs. H. Erwin memaparkan, sesuai penerapan PP 39/2006 tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan merupakan upaya untuk menjawab dan memenuhi tantangan dan kebutuhan dalam rangka melaksanakan siklus manajemen pembangunan secara utuh, maka disediakan sistem monitoring lapangan yang handal, akan memberikan kontribusi nyata guna berjalannya siklus umpan balik pada tahap perencanaan yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan.

Sistem monitoring lapangan pembangunan, khususnya terhadap program dan kegiatan yang dituangkan dalam dokumen perencanaan, perlu terus dikembangkan agar lebih bermanfaat bagi manajemen pembangunan. Penyempurnaan mekanisme dan pelaporan monitoring lapangan, secara langsung mengharuskan terpenuhinya dokumen perencanaan yang berkualitas dan dapat dievaluasi.

"Maka aplikasi Monitoring Lapangan SIMONA V.2 merupakan upaya untuk mengefektifkan dan mengefisienkan pelaporan menuju pada peningkatan kualitas dengan melakukan penyederhanaan terhadap format, aplikasi dan mekanisme pelaporan monitoring lapangan kinerja pembangunan," jelasnya.

Sedangkan tujuan dari inovasi SIMONA V.2 untuk memudahkan pelaporan fisik dan keuangan pembangunan di kabupaten Inhil, melakukan pemantauan pelaksanaan rencana pembangunan secara bulanan, melakukan pemantauan pelaksanaan rencana pembangunan secara triwulan, melakukan pengukuran pencapaian kinerja program/kegiatan pelaksanaan rencana pembangunan secara tahunan, dan melakukan pemantauan terhadap pencapaian target prioritas pembangunan.

Selanjutnya manfaat dari inovasi ini, Bagian Administrasi Pembangunan Setda Inhil tidak perlu lagi membawa hard copy kegiatan, data kegiatan telah tersimpan pada database aplikasi, foto dokumentasi kegiatan monitoring disimpan secara online pada google drive, pimpinan dapat melihat posisi TIM secara real time, laporan monitoring dapat dibuat secara cepat.

"Semoga dengan adanya Inovasi ini, dapat memudahkan pelaksanaan tugas dan fungsi serta koordinasi di antara petugas yang bertugas dalam penyambutan tamu daerah yang berkunjung ke Pemda Inhil." Tutupnya.

Dimana sebelum, Bagian Pembangunan Setda Inhil meluncur SIMONA V.1, namun untuk pengoperasian yang lebih efisien dan efektif, pihaknya melakukan penambahan fitur baru usulan pada SIMONA Versi 2.

 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar