Pendidikan

Mahasiswa Umri Persiapkan Warga Dusun II Langgam Desa Alam Panjang Hadapi Bencana Banjir

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sebanyak 10 Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) yang mendatangi Dusun II Langgam Desa Alam Panjang, Kabupaten Kampar pada hari Sabtu (11/11/2023).

Para mahasiswa tersebut melakukan kegiatan berupa sosialisasi tanggap bencana banjir. Warga Dusun II Langgam sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, karena ternyata sebagian besar masyarakat belum mendapat pengetahuan tentang tindakan-tindakan yang harus dilakukan dalam menghadapi bencana banjir.

Mata kuliah berbasis project tanggap bencana ini dengan mengadopsi design thinking di ampu oleh dosen Ilham Hudi, S.Pd., M.Pd.

"Kegiatan ini kita lakukan supaya mahasiswa dapat memberi pemahaman kepada masyarakat, mahasiswa tidak hanya sebatas menguasai konsep teoritis namun juga menghasilkan laporan proyek dalam memecahkan masalah sepertu banjir, karhutla dan bencana lainnya," ujar Ilham Hudi.

Selain itu ia berharap proyek MKWK ini dapat terus berlanjut dengan mendatangkan pemateri tarjih Muhammadiyah yang nantinya dapat memberikan ilmu baru kepada mahasiswa dan masyarakat.

"Adik-adik mahasiswa ini perlu kita bimbing dalam kegiatan proyek seperti ini agar mereka memiliki pengalaman yang luas dengan aktif dan inovatif dalam proses pembelajaran berbasis proyek tanggap bencana selain meningkatkan kompetensi akhirnya mahasiswa juga memberikan bukti nyata kepada bangsa," pungkasnya.

Oleh karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang hal tersebut, maka mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau memilih Dusun II Langgam Desa Alam Panjang sebagai tempat untuk melakukan kegiatan sosialisai tanggap bencana banjir.

“Kami sangat bersyukur atas diadakannya sosialisasi ini, karena kami memang masih belum tahu apa yang harus dilakukan ketika banjir datang," ucap Rio salah seorang warga.

Sambutan yang hangat juga diberikan oleh warga Dusun II Langgam Desa Alam Panjang kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau. Hal tersebut membuat para mahasiswa tersebut merasa sangat tersanjung dan bersyukur bahwa kegiatan sosialisasi ini berjalan dengan lancar, serta bermanfaat bagi masyarakat Dusun II Langgam Desa Alam Panjang.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar