Lingkungan

Karhutla Kepung Riau, Patroli Udara Helikopter H225M/Caracal Mencatat 75 Titik Api

Helikopter Satgas Udara saat melakukan pengeboman air di lokasi kebakaran di Riau

GAGASANRIAU.COM,, PEKANBARU - Marsma TNI Feri Yunaldi, Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Roesmin Nurjadin, melalui Kepala Dinas Operasi (Kadisops), Kolonel Pnb Ig. Widi Nugroho, mengungkapkan titik api Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tersebar massif di Provinsi Riau.

Dimana data tersebut berdasarkan patroli udara Helikopter H225M/Caracal yang dioperasikan untuk mendukung operasi pemantauan dari udara Satuan Tugas (Satgas) udara.  

Patroli udara tersebut dalam upaya meningkatkan efektivitas pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang kian meningkat di Provinsi Riau.

"Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin selaku Satgas Operasi Bagian Udara terus memperkuat komitmennya dengan menerbangkan helikopter untuk mendukung pelaksanaan patroli udara " kata Kolonel Pnb Ig Widi kepada wartawan, Selasa 30 Juli, 2024 di Pekanbaru.

Langkah tersebut jelas Widi, merupakan bagian dari strategi terintegrasi yang melibatkan berbagai pihak guna menangani ancaman Karhutla yang dapat merusak lingkungan dan mengancam keselamatan masyarakat.

Dijelaskan Widi, sejak awal musim kemarau, Lanud Roesmin Nurjadin telah aktif melaksanakan patroli udara di wilayah yang rawan terjadi karhutla.

Dengan menggunakan helikopter ujar Widi lagi, tim yang berada di Lanud Roesmin Nurjadin dapat memantau kondisi hutan dan lahan dari ketinggian sehingga memungkinkan untuk mendeteksi potensi titik api atau asap lebih cepat dan lebih akurat.

Diterangkan Widi, pada Selasa (30/7/2024) Helikopter H225M/Caracal yang bertugas sebagai standby SAR di Lanud Roesmin Nurjadin diterbangkan untuk mendukung patroli udara.

Dan kata dia lagi, pelaksanaan penerbangan helikopter yang diawaki Mayor Pnb Nodhi dengan Copilot Lettu Pnb Diki ini dikombinasikan dengan latihan rutin bagi awak helikopter dari Skadron Udara 8 tersebut.

Widi menerangkan bahwa dari data Meteorologi Base Ops Lanud Roesmin Nurjadin pada 29 Juli 2024 terdapat 98 titik api dengan wilayah dominan terdapat di Kabupaten Pelalawan.

Selanjutnya ungkap Widi, pada Selasa hari ini, 30 Juli 2024 terdapat 75 titik api yang tersebar cukup merata di wilayah Provinsi Riau.

Kolonel Pnb Ig. Widi Nugroho, menjelaskan bahwa penerbangan helikopter untuk patroli udara merupakan langkah proaktif dalam upaya pencegahan.

“Dengan memanfaatkan teknologi dan kemampuan penerbangan, kami dapat segera merespons jika ada tanda-tanda kebakaran sebelum menjadi masalah besar. Patroli udara ini juga dapat membantu tim water bombing dan tim darat dengan memberikan informasi yang detil mengenai lokasi dan intensitas kebakaran," ujarnya.

Sejak pelaksanaan operasi, Satgas Bagian Udara ungkap Widi telah berhasil mendeteksi beberapa titik api kecil yang dapat segera dipadamkan sebelum menyebar.

"Keberhasilan ini menegaskan pentingnya peran teknologi dan koordinasi dalam mencegah bencana yang lebih besar " tegas Widi.

"Kami berharap dengan upaya ini, tidak hanya bisa mengurangi resiko kebakaran hutan dan lahan tetapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan. Kami juga bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memastikan bahwa setiap potensi kebakaran dapat diantisipasi dengan baik," tukas Widi.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar