PNS Terima Gajih 13-14, Honorer Gigit Jari

Rabu, 22 Juni 2016 - 18:12:36 wib | Dibaca: 3252 kali 
PNS Terima Gajih 13-14, Honorer Gigit Jari

GagasanRiau.com, Tembilahan - Berita gembira bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS), pasalnya pemerintah bakal mengucurkan gaji ke-13 dan 14.

Kabar ini tentu sangat menggembirakan bagi para abdi negara. Seperti dikutif dari media tribunnews.com, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, akan menggelontorkan gaji ke-13 dan 14 itu sebelum Lebaran Idul Fitri ini.

"Gaji ke-14 THR, gaji ke-13 untuk keperluan anak sekolah. Cairnya ya sebelum Lebaran," ujar Yuddy dikutip salah satu website.

Sekedar informasi, besaran gaji ke-14 yang bakal diterima oleh PNS adalah sebesar satu kali gaji pokok. Pembayarannya sendiri bakal dilakukan berbarengan dengan gaji ke-13 yang berisi gaji pokok, tunjangan jabatan, dan tunjangan lain.

Seperti ketentuan undang-undang ASN (Aparatur Sipil Negara), gajih ke 13 itu dibayarkan komponennya ada gaji pokok, tunjangan jabatan, dan tunjangan lain.

Sederhananya, gaji plus tunjangan penuh yang dia (PNS) dapat setiap bulan. Untuk gaji ke-14 sebesar satu kali gaji pokok. Gaji pokok-nya saja. Jadi berbeda dengan gaji ke-13.

Kabar ini pastinya disambut gembira para PNS. Namun justru membuat iri para pegawai honorer, meskipun juga ada terdaftar database (K2) di BKD. Mereka harus gigit jari menghadapi tahun ajaran baru dan Lebaran ini.

Seperti diungkapkan oleh Taufik seorang  honorer mengaku sedih jelang lebaran. Saat PNS yang sudah punya kesejahteraan bagus, mereka justru makin diperhatikan. Sementara, mereka yang masih honorer, kepastian diangkat jadi PNS pun tak jelas.

Reporter: Daud M Nur


Loading...
BERITA LAINNYA