RDP Dengan RS Awal Bros, Komisi I DPRD Pekanbaru Konfirmasi Izin Gedung Radioaktif Pusat Kanker

Ahad, 16 Agustus 2020 - 18:18:13 wib | Dibaca: 667 kali 
RDP Dengan RS Awal Bros, Komisi I DPRD Pekanbaru Konfirmasi Izin Gedung Radioaktif Pusat Kanker

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Komisi I DPRD Kota Pekanbaru, mempertanyakan perizinan gedung baru radioaktif pusat kanker yang berdiri di Rumah Sakit (RS) Awal Bros, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar, Selasa kemarin.
 
Pertanyaan-pertanyaan itu dipertanyakan oleh Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Pekanbaru, Krismat Hutagalung melalui Manajemen RS Awal Bros Sudirman, saat diundang dalam RDP.
 
"Terapi kanker sinarnya mengandung radioaktif. Apakah proses perizinan yang dilakukan oleh DLHK sudah sesuai? Khawatir kita berbeda," Kata Krismat, dalam hearing tersebut.
 
Menurutnya, dalam proses pemberian rekomendasi perizinan, kajian tentang radioaktif mestinya dibuat dalam proses perizinan tersebut. Sebab, setiap alat memiliki karakteristik yang berbeda. Sehingga dapat diketahui dampaknya apabila terjadi hal yang tidak diinginkan 
 
"Beda mesin terapi, beda pula karakterstik paparan radiasinya. Jangan sampai perizinan yang di mohonkan tidak sesuai dengan alat yang dipakai," jelasnya.
 
Pertanyaan itu dianggapnya penting. Sebab, dia tidak ingin bisnis usaha yang bergerak di bidang kesehatan itu menimbulkan wabah dan masalah baru terhadap lingkungan. Serta usaha-usaha jasa kesehatan yang belum memiliki izin tapi tetap bisa beroperasi.
 
Selain itu dapat menjadi masalah baru dalam penularan penyakit di Kota Pekanbaru. Serta untuk menertibakan semua usaha yang terindikasi melanggar aturan yang ada di Kota Pekanbaru.
 
"Kajian amdal lingkungan itu yang wajib kita pertanyakan apakah sesuai atau tidak dengan yang di mohonkan sekarang. Pekan depan akan kita jadwal ulang," terangnya.
 
Pasalnya saat dilakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) manajemen Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru itu tidak membawa dokumen seperti yang diminta oleh wakil rakyat itu.
 
Sementara itu, Direktur RS Awal Bros Sudirman, Pekanbaru, dr Jimmy Kurniawan MKK, menyebutkan, segala proses perizinan yang berhubungan dengan radioaktif sudah sesuai dengan yang digunakan sekarang.
 
"Segala perizinan lengkap. Ada di dokumen izin pendukung itu semua lengkap. Alatnya, luas gedung, ketebalan dan lainnya semua ada detailnya. Minggu depan kita bawa," paparnya.
 
RDP yang digelar Komisi I DPRD Kota Pekanbaru dengan Manajemen Awal Bros Sudirman ini, dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi I, Krismat Hutagalung didampingi Sekretaris Komisi, Isa Lahamid dan Anggota Komisi lainnya yakni, Indra Sukma, Aidil Amri dan Victor Parulian.

Loading...
BERITA LAINNYA