Mahasiswa KUKERTA Integrasi UNRI Panen Sayur Bersama Kelompok Tani

Sabtu, 04 September 2021 - 15:44:16 wib | Dibaca: 837 kali 
Mahasiswa KUKERTA Integrasi UNRI Panen Sayur Bersama Kelompok Tani
TIM KUKERTA bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Berkah Sejahtera panen sayur di RW 03 Kelurahan Tirta Siak, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru.

GAGASANRIAU.COM, SIAK - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Integrasi Universitas Riau (UNRI) panen sayur kangkung bersama kelompok Tani Berkah Sejahtera.

Pemanenan sayur tersebut di Jalan Pemudi No 7 Gang Sekolah, Kelurahan Tirta Siak, Kecamatan Payung Sekaki, Tampan, Pekanbaru, Minggu (17/7).
 
Selanjutnya TIM KUKERTA bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Berkah Sejahtera panen sayur di RW 03 Kelurahan Tirta Siak, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru. 

Hasil dari pemanenan sayur kangkung sebanyak 36 ikat dan merupakan  hasil budidaya pertanian tanpa bahan kimia.

"Alhamdulillah, kita sudah selesai panen sayur segar tanpa bahan kimia." ujar Ida di Tirta Siak.

Ida menambahkan hasil panen sayuran tersebut dijual kepada sejumlah anggota Kelompok Tani dan warga sekitar dengan gerobak dorong keliling yang hasilnya digunakan kembali untuk perawatan tanaman.

"Hasilnya diputar lagi untuk beli bibit, nutrisi dan sebagainya," papar Ida.

Panen sayuran dilakukan dengan memanfaatkan lahan terbatas di permukiman setempat, yang juga dapat menghijaukan lingkungan.

Ida juga berharap dengan adanya panen di masa pandemi ini dapat berguna dan nantinya bisa mendongkrak roda ekonomi warga terutama kelompok tani berkah sejahtera.

“Kegiatan pemanenan sayur ini merupakan salah satu program Tim Kukerta Integrasi Unri yang bertujuan untuk membersamai Kelompok Tani Berkah Sejahtera” ujar Hazwan selaku Ketua Tim KUKERTA.

Lahan-lahan tersebut ditanami beragam jenis tanaman seperti kangkung, cabai, okra, kacang panjang, cabai setan, cabai merah, cabai hijau, cabai rawit, dan terong.

Tidak hanya pemanen sayur kangkung, Tim KUKERTA bersama dengan Kelompok Tani melakukan gotong royong membersihkan lahan untuk digemburkan kembali.

Lahan yang telah digemburkan Tim Kukerta Integrasi UNRI itu nantinya akan diberi pupuk kandang agar bisa penyemaian dan pembibitan kembali.


Loading...
BERITA LAINNYA