Pemprov Riau Siapkan Rp17,9 Miliar untuk Pembangunan Quran Center

Sabtu, 06 November 2021 - 17:06:50 wib | Dibaca: 395 kali 
Pemprov Riau Siapkan Rp17,9 Miliar untuk Pembangunan Quran Center
Pembangunan fisik Qur'an Center dikawasan Bandar Seni Raja Ali Haji Purna MTQ Pekanbaru Dok.Yuni/Gagasan

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU- Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman (PUPR-PKPP) saat ini sedang membangun Quran Center di kawasan Purna MTQ Pekanbaru. 

Kepala Dinas PUPR-PKPP Provinsi Riau, M Taufiq OH melalui Kepala Bidang Cipta Karya, Syafril Yafis, mengatakan untuk pembangunan Quran Center tersebut pihaknya telah menyiapkan anggaran sebesar Rp17,9 miliar di APBD Riau 2021. 

Anggaran sebesar Rp 17,9 miliar tersebut hanya untuk bangunan Quran Center dan masjid. Sedangkan untuk wisma qori dan qoriah ditunda dulu karena mengingat kondisi anggaran. 

"Karena ada keterbatasan dana, untuk bangunan wisma ditunda dulu. Jadi untuk wisma sementara nanti pakai asrama haji," sebutnya.

Dijelaskan Yafis, untuk Detail Engineering Design (DED) pembangunan Quran Center tersebut sudah dibuat oleh konsultan tahun lalu. Sehingga tahun ini dapat direalisasikan pembangunan fisiknya.

"Konsultan perencanaan pembangunan Quran Center sudah selesai tahun kemarin. Jadi kalau untuk perencanaan tidak ada masalah lagi," ujarnya.

Tujuan dibangunnya Quran Center di Riau yakni untuk dapat melahirkan qori dan qoriah prestasi. Kemudian Quran Center menjadi pusat studi dan riset Alquran yang ada di Riau. 

Awalnya Quran Center akan dipusatkan di kawasan Masjid Raya Annur. Namun akhirnya dipindahkan ke kawasan Purna MTQ.


Loading...
BERITA LAINNYA