Sukses di Tahun 2019, FKIP UR Kembali Gelar Pekan Raya Biologi 2020

Jumat, 13 September 2019 - 20:59:59 wib | Dibaca: 2452 kali 
Sukses di Tahun 2019, FKIP UR Kembali Gelar Pekan Raya Biologi 2020

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU – Guna melahirkan inovasi pendidikan yang terbaru, mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau (UR) terus melakukan terobosan. Setelah sukses di tahun 2019, kali ini kembali akan digelar Pekan Raya Biologi (PRB) 2020.
 
"Kegiatan in bertujuan untuk menciptakan generasi yang berkarakter saintis dan mampu mengasah soft skill yang dimiliki melalui cabang-cabang perlombaan" ungkap Rehan Fadillah selaku Ketua PRB 2020 dalam keterangan pers yang diterima Gagasan Jumat (13/9/2019).
 
Diungkapkan dia, PRB ini merupakan metamorfosis dari Olimpiade Sains Biologi (OSB) SMP-SMA se-Riau yang secara rutin diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UR setiap tahunnya.
 
"Ajang ini menguji kemampuan akademik siswa SMP-SMA dalam bidang biologi. Dalam perkembangannya, Pekan Raya Biologi juga menampilkan karya kreatif siswa dalam berbagai bidang terkait dengan biologi" terangnya.
 
Ia juga mengungkapkan, bahwa agenda ini mencakup tiga provinsi akan menyajikan serangkaian perlombaan, seperti: Uji Kompetensi Tertulis (SMP-SMA); Uji Kompetensi Laboratorium (SMP-SMA); Cepat Tepat (SMP-SMA); Bio Expo School Competition (SMP-SMA); Mading 3D (SMP-SMA); Fotografi (SMA); Lomba Karya Tulis Remaja dan Poster Ilmiah (SMA); Melukis (SMP-SMA); Fotografi tingkat SMA dan Mahasiswa; serta Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional tingkat mahasiswa se-Indonesia.
 
Dan kata dia lagi, PRB 2019 lalu melahirkan juara di tiap lomba yang diberikan. SMP Dharma Yuda Pekanbaru meraih juara umum untuk tingkat SMP, sedang juara umum di tingkat SMA diraih oleh MAN 1 Pekanbaru.
 
"Tahun lalu lebih dari 1000 peserta antusias mengikuti ajang perlombaan pada PRB 2019" ujarnya. 
 
Dia menerangkan Pekan Raya Biologi akan berlangsung pada akhir Januari 2020 mendatang pesertanya mulai tingkat SMP dan SMA se-Riau, Kepulauan Riau dan Sumatra Barat serta mahasiswa seluruh Indonesia.
 
Dan terangnya lagi, akan dilaksanakan di beberapa tempat, seperti Gedung Aula Serba Guna, ruang kelas, dan ruangan Micro Teaching.
 
Sementara itu, menurut Ketua Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau, Evi Suryawati, bahwa pendidikan merupakan unsur paling esensial dalam kehidupan. Sehingga terangnya perlu dilakukan upaya peningkatan kualitas dan inovasi untuk terus mengembangkannya agar mampu mencapai tujuan dari pembangunan Indonesia berkelanjutan.
 
“Setiap tahun kita selalu upayakan sesuatu yang baru, kita ingin cangkup PRB ini bisa sampai nasional,” harap Rehan Fadillah.
 
Dia juga menerangkan untuk Stand pendaftaran PRB 2020 akan segera dibuka bulan September nanti.
 
"Akan banyak ilmu yang kamu dapatkan di Pekan Raya Biologi 2020. Ayo persiapkan dirimu untuk Januari mendatang, buktikan bahwa kamu adalah generasi emas Indonesia" tutup dia.(rilis).

Loading...
BERITA LAINNYA