Dampak Harga Bitcoin dan Ethereum Naik, Karena Ketegangan Ukraina-Rusia

Jumat, 18 Februari 2022 - 13:36:20 wib | Dibaca: 1368 kali 
Dampak Harga Bitcoin dan Ethereum Naik, Karena Ketegangan Ukraina-Rusia
Bitcoin (Foto Foto: Shutterstock)

GAGASANRIAU.COM, JAKARTA – Harga Bitcoin, harga Ethereum serta harga beberapa kripto lain naik Selasa kemarin dengan ekuitas AS karena ketegangan antara Ukraina dan Rusia tampaknya mereda.

Pada Selasa 15 Februari 2022 harga bitcoin sempat naik 4,6% menjadi $44.177,34, sementara harga ethereum juga mengalami kenaikan 7,6% menjadi $3,114,09, menurut data dari Coin Metrics. 

Pergerakan tersebut kemungkinan merupakan "lonjakan pasar alami" setelah "sangat netral" selama sebagian besar minggu terakhir, kata Clara Medalie, pemimpin penelitian di penyedia data pasar crypto Kaiko. Dia menambahkan bahwa baik bitcoin dan eter telah menembus resistensi sebelumnya dan menuju tertinggi satu bulan.

“Bulan lalu telah menjadi bearish untuk hampir semua aset kripto menyusul serangan berkepanjangan dari likuiditas rendah dan volatilitas yang diinduksi makro,” katanya, dikutip dari CNBC, Selasa (16 Februari 2022). 

“Masih harus dilihat apakah penembusan terbalik ini memiliki keyakinan, dengan bitcoin masih diperdagangkan hampir $20.000 di bawah level tertinggi sebelumnya.”

Kenaikan Selasa mengikuti pengumuman dari Moskow bahwa Kementerian Pertahanan Rusia telah mulai mengembalikan beberapa pasukan ke pangkalan penempatan setelah latihan di dekat perbatasan Ukraina.

Dilihat dari data CoinMarketCap pada Jumat (18/2) pukul 09.30 WIB, harga Bitcoin ada di US$ 40.809,12 atau merosot 7,18% dalam 24 jam terakhir. Sedangkan harga ethereum hari ini turun 7,04% menjadi US$ 2.909,09

Bitcoin diperdagangkan berombak pada hari Senin karena konflik tampaknya meningkat, sementara saham mengakhiri hari lebih rendah. Cryptocurrency telah diperdagangkan seperti aset berisiko yang lebih tradisional selama beberapa bulan karena basis investornya menjadi semakin dilembagakan.

Meskipun pemantulan disambut baik, ini juga menunjukkan korelasi antara pasar tradisional dan digital "sekuat sebelumnya," kata CEO Valkyrie Investments, Leah Wald.

"Ke depan, kami percaya kenaikan suku bunga yang diharapkan sudah diperhitungkan dan tidak akan banyak berpengaruh pada harga," tambahnya.

“Selain itu, fundamental termasuk alamat dompet aktif, total transaksi, dan beberapa aplikasi aset kripto naik ke atas grafik unduhan toko aplikasi setelah Super Bowl menunjukkan masih ada minat dan permintaan yang kuat untuk bitcoin dan altcoin,” sebutnya. 

“Kami tetap kuat bullish dan berdiri di belakang keyakinan kami bahwa paruh kedua tahun ini kemungkinan akan melihat reli yang kuat dalam aset digital termasuk bitcoin.”


Loading...
BERITA LAINNYA