Gedung SDN 023 Desa Tasik Raya Berbahan Batang Kelapa

Sabtu, 19 Maret 2022 - 13:37:27 wib | Dibaca: 1538 kali 
Gedung SDN 023 Desa Tasik Raya Berbahan Batang Kelapa
Kondisi gedung sekolah dibangun menggunakan kayu batang kelapa di Bumi Hamparan Kelapa Dunia

GAGASANRIAU.COM, BATANG TUAKA - Sebuah gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 023 menggunakan kayu batang kelapa.

Gedung sekolah tersebut bertempat di Desa Tasik Raya, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

Gedung sekolah tersebut dulunya dibangun secara swadaya. Aktifitas belajar mengajar tetap berjalan lancar sampai saat ini.

Salah seorang Guru Honorer Harliyanto, S.Pd.I menuturkan gedung sekolah tersebut dibangun pada Tahun 2016 sampai dengan 2017.

"Bangunan sekolah itu dibangun pada 2016 sampai dengan 2017," papar Harliyanto yang dulunya merupakan kepala sekolah SD tersebut, Sabtu (19/3/2022).

Struktur gedung sekolah dibangun dengan material pilar, gelagar, furniture bahan batang kepala dengan panjang 15 Meter, dan lebar 5 Meter sebanyak 3 pintu.

"Hampir 80 persen bangunan menggunakan batang kelapa. Sedangkan tongkat, dinding dan atap yang tidak menggunakan batang kelapa," ungkapnya.

Diungkapkan Harliyanto lagi, sebelum dibangun gedung sekolah tersebut, SDN 023 pernah menumpang ke gedung sekolah lain untuk kelancaran proses belajar mengajar.

Baca Juga Berita Sebelumnya. Sebelum mendapatkan bantuan dari Pemda Inhil: Lapor Pak Bupati di Inhil, SD 007 Kelas Jauh Bangunannya Masih Menumpang

Dulu sekolah tersebut masih berstatus swasta dengan nama SD 007 Kelas Jauh. Pada tahun 2016 dibangun gedung berbahan kelapa sampai saat ini.

"Setalah berubah status negeri, kita sampaikan ke Bupati mengenai kondisi sekolah, Alhamdulillah mendapatkan bantuan dari Dinas Pendidikan," ungkapnya.

Bupati HM Wardan melalui Dinas Pendidikan mengucurkan bantuan berupa penambahan satu buah gedung lokal belajar dan dua buah WC pada tahun 2019 lalu.

Selain gedung sekolah, Dinas Pendidikan juga mengucurkan bantuan berupa komputer, laptop, infokus, meja, kursi lemari untuk kelancaran proses belajar mengajar.

Kini kepala sekolah SDN 023 Tasik Raya bernama Kamisah,S.Pd.I dengan jumlah siswa 91 orang yang masih aktif sampai saat ini. Namun pihak sekolah masih berharap bantuan Pemda Inhil secara bertahap.


Loading...
BERITA LAINNYA