Mahasiswa Kukerta UNRI Desa Seberang Taluk Sosialisasi Pembentukan Peer Group Ibu dan Pelatihan Kader Kesehatan

Ahad, 06 Agustus 2023 - 13:46:24 wib | Dibaca: 4367 kali 
Mahasiswa Kukerta UNRI Desa Seberang Taluk Sosialisasi Pembentukan Peer Group Ibu dan Pelatihan Kader Kesehatan
Mahasiswa Kukerta UNRI berfoto bersama usai menggelar Sosialisasi Pembentukan Peer Group Ibu dan Pelatihan Kader Kesehatan di Kantor Desa Seberang Taluk Kecamatan Kuantan Tengah.

GAGASANRIAU.COM, KUANSING - Dalam rangka meningkatkan gizi seimbang pada anak usia Sekolah Dasar (SD), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) mengadakan sosialisasi pembentukan peer group Ibu dan pelatihan kader kesehatan.

Sosialisasi kesehatan tersebut dilaksanakan di Desa Seberang Taluk Dalam, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Sengingi (Kuansing), Provinsi Riau yang dilaksanakan pada Selasa 1 samapi dengan 5 Agustus  2023.

“Selain melakukan sosialisasi kepada Ibu Ibu dengan anak sekolah, kami juga melakukan pelatihan kader kesehatan di desa Seberang Taluk alam melakukan pengkajian terhadap anak anak yang berisiko dan mengalami masalah gizi," kata Ketua Tim Kukerta Bangun Kampung UNRI, Rahmat Iqbal.

Rahmat Iqbal memaparkan, tujuannya sosialisasi kepada para kader agar dapat mendeteksi secara dini permasalahan gizi anak dan memberikan saran serta intervensi yang tepat kepada Ibu, sehingga masalah gizi cepat tertangani secara dini.

"Peningkatan kemampuan kader dalam mengkaji masalah nutrisi anak sekolah dapat membantu para Ibu dalam mengetahui masalah gizi pada anak dan secara bersama sama memberikan intervensi yang tepat dalam mengatasi masalah gizi," paparnya.

Selanjutnya, Sekretaris Tim Kukerta UNRI, Anisa memaparkan, siswa SD merupakan kategori penduduk yang beresiko mengalami masalah nutrisi yang nantinya juga akan mempengaruhi status kesehatannya. Hal ini dikarenakan pola makan dan masa tumbuh kembang anak yang memerlukan asupan nutrisi lebih tinggi.

"Status gizi yang baik akan mempengaruhi kemampuan bertumbuh dan berkembangnya anak terutama kemampuan intelektualnya," paparnya.

Selain itu, status gizi juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh anak dalam melawan penyakitnya, khususnya di era post covid 19 ini. Oleh karena itu gizi yang optimal diperlukan oleh anak usia sekolah untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya serta memperkuat sistem imunnya dalam melawan penyakit.

Foto bersama usai mengikuti sosialisasi kader kesehatan di Kantor Desa Seberang Taluk Kecamatan Kuantan Tengah

Warga Desa Seberang Taluk Kecamatan Kuantan Tengah sangat antusias mengikuti sosialisasi kesehatan itu. Bagaimana tidak, banyak pengetahuan yang mereka dapatkan meningkatkan kemampuan Ibu dalam penyediaan dan pengolahan makanan dengan gizi seimbang bagi anak.

"Diharapkan dengan terbentuknya peer group Ibu ini, para Ibu dapat berbagi cerita dan pengalaman pada sesama teman dalam memberikan gizi yang optimal pada anak," ucap ibu Reni, salah satu warga yang mengikuti sosialisasi.

Ibu Reni mengungkapkan, setelah menyimak sosialiasi dan pelatihan kesehatan yang dipaparkan oleh Mahasiswa Kukerta, ternyata banyak jenis makanan lokal yang bergizi tinggi yang bisa dimanfaatkan dalam memenuhi gizi anak anak. 

"Terimaksah ilmunya. Baru kami dapatkan melalui adik-adik KKN ini. Selain itu dapat ilmu baru tentang penyediaan gizi seimbang yang mudah dan sederhana," sebutnya.

Untuk diketahui, Kelompok Kukerta Bangun Kampung Universitas Riau Desa Seberang Taluk ini beranggotakan 10 orang, diantaranya : Anisa Salsabila, Seftri Elanda, Uci Nurul Hidayanti (FISIP UNRI), Dian sriwilna, Azzahra Ushwatun Hasanah,  Suci Pebriana: (FKIP UNRI),  Jikro Pikri,  Aditya Nugraha ( FT UNRI), Alviza (FEB UNRI). Rahmat Ikbal (FMIPA UNRI). 

Ketua Pengabdian Ns. Nurul Huda M.Kep Sp Kep MB., PhD, Ns Didi Kurniawan M.Kep Sp.Kom dari Fakultas Keperawatan UNRI, serta dibantu penuh oleh Ibu Kades yang sekaligus sebagai ketua kader kesehatan Desa Seberang Taluk, Ns. Raja Reni S.Kep.


Loading...
BERITA LAINNYA