Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa KUKERTA UNRI Desa Tambusai

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 11:57:00 wib | Dibaca: 816 kali 
Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa KUKERTA UNRI Desa Tambusai
Foto bersama usai menggelar Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan di Gedung Serbaguna Desa Tambusai.

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Pelaku UMKM di Desa Tambusai mengikuti Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan UMKM yang ditaja oleh Mahasiswa KUKERTA UNRI 2022 yang bekerjasama dengan  Tim Pengabdian FEB UNRI, Senin (1/8/2022).

Ketua pelaksana Otari Nur Islami mengatakan kegiatan ini disambut antusias oleh Pelaku UMKM yang dimana  Penyusunan Laporan Keuangan ini belum banyak dipahami oleh pelaku UMKM Desa Tambusai.

"Pelatihan ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna Desa Tambusai dengan mengundang 37 pelaku UMKM yang ada di Desa Tambusai. Penyusunan Laporan Keuangan UMKM ini diarahkan langsung oleh Tim Pengabdian FEB UNRI, yaitu Ibu Dr. Nur Azlina., SE., M.Si., Ak., CA., CGAA., CertifSAS, Bapak  Drs. Al Azhar A., MM., Ak., CA, Ibu Desmiyawati., SE., M.Si., Ak., AAP., CA, Ibu Suci Nurulita., SE., M.Si, dan ibu Dra. Susilatri., SE., MM., Ak., CA yang memberikan materi seputar SAK EMKM," kata Otari
 
Otari juga menyebut keterbatasan yang ada membuat Pelaku UMKM sulit untuk membuat laporan keuangan yang sesuai dengan Standar SAK EMKM.

"Umumnya Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan ini dipungut biaya hingga jutaan rupiah, namun Mahasiswa KUKERTA UNRI Desa Tambusai menghadirkan Pelatihan Tanpa di Pungut Biaya dengan Pemateri yang Sangat Kompeten dibidangnya," sebutnya.

Tim Pengabdian FEB UNRI memaparkan materi dengan metode presentasi langsung yang membahas Penyusunan Laporan Keuangan berdasarkan SAK EMKM dan dapat diambil kesimpulan bahwa Laporan Keuangan dibuat untuk menyajikan informasi mengenai kinerja UMKM dan berguna untuk mengambil keputusan bisnis.

Ia berujar pembukuan untuk UMKM ini diperlukan agar laporan keuangan lebih terstruktur. 

"Dengan alasan pentingnya laporan keuangan UMKM yaitu, sebagai perencanaan bisnis, mengetahui posisi keuangan setiap bulan dan mempermudah mengontrol biaya serta sebagai informasi manajemen," ujarnya.

Lebih lanjut Otari mengatakan acara ini terbilang sukses dengan antusias dari masyarakat dan Pelaku UMKM untuk dapat menerima ilmu yang telah diberikan oleh Tim Pengabdian FEB UNRI. 

"Dapat dilihat pada sesi tanya jawab , Pelaku UMKM antusias memberikan pertanyaan seputar Usaha yang mereka miliki," kata Otari

Dari kegiatan ini ia berharap dengan hadirnya pemahaman baru tentang Laporan Keuangan berdasarkan SAK EMKM memberikan kemudahan bagi Pelaku UMKM untuk dapat membuat Laporan Keuangan yang baik dan benar.


Loading...
BERITA LAINNYA