Tim Kukerta UNRI Desa Kusau Makmur Bagikan Tong Sampah Organik dan Non Organik

Kamis, 18 Agustus 2022 - 11:09:23 wib | Dibaca: 835 kali 
Tim Kukerta UNRI Desa Kusau Makmur Bagikan Tong Sampah Organik dan Non Organik
Mahasiswa KKN foto bersama usai menyerahkan tong sampah ke pemdes Kasau Makmur

GAGASANRIAURIAU.COM, KAMPAR - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Riau (UNRI) buat tong sampah organik dan non organik berbahan bambu hasil kreativitas mereka.

Tong sampah tersebut agar mengurangi tingkat pembuangan sampah yang marak terjadi lokasi KKN, khususnya di wilayah sekitaran Kantor Desa Kasau Makmur, sekolah SDN 016, dan Masjid At-Taqwa.

Ketua Kukerta, Rahmat Kurniawan mengatakan, kebersihan merupakan upaya manusia untuk memelihara diri dan lingkungan dari segala yang kotor, dalam rangka mewujudkan dan melestarikan kehidupan yang sehat dan nyaman.

"Kita berupaya meningkatkan dan menjaga lingkungan yang sehat. Kebersihan merupakan syarat bagi terwujudnya kesehatan," kata Rahmat.

Dalam program kerja ini, Tim Kukerta Universitas Riau membuat tempat sampah organik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya.

"Selain itu juga mempermudah perangkat desa, siswa siswi dan masyarakat untuk dapat memilah sampah dengan mudah," paparnya.

Kegiatan pembuatan tong sampah dimulai pada tanggal 30 Juli 2022 dibantu oleh anak anak sDesa Kusau Makmur maka proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama.

"Metode pembuatannya dengan memanfaatkan bambu sebagai bahan utama sebagai tempat sampah," sebutnya.

Target pembuatannya dengan membuat sekitar 3 buah tempat sampah dengan warna cat kuning untuk sampah non organik dan cat berwarna hijau untuk sampah organik. 

"Berharap hal ini sebagai langkah awal masyarakat untuk mengetahui pentingnya penerapan kebersihan yang sasarannya dimulai dari sekolah, kantor desa dan masjid at-taqwa yang dikembangkan ke tingkat masyarakat luas." Tutupnya.


Loading...
BERITA LAINNYA