Tingkatkan Literasi

Mahasiswa Kukerta UNRI Laksanakan Kegiatan Relawan Mengajar di RW 04 Sri Meranti Rumbai

Kamis, 01 September 2022 - 10:54:43 wib | Dibaca: 675 kali 
Mahasiswa Kukerta UNRI Laksanakan Kegiatan Relawan Mengajar di RW 04 Sri Meranti Rumbai

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Terintegrasi Abdimas Universitas Riau (UNRI) laksanakan kegiatan relawan mengajar di RW 04 Sri Meranti dalam upaya meningkatkan budaya literasi.

Program literasi adalah program yang saat ini digencarkan oleh pemerintah untuk meningkatkan minat baca dan pengetahuan pada masyarakat. untuk itu, Mahasiswa Kukerta UNRI melaksanakan kegiatan relawan mengajar yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan semangat belajar terkhusus kepada anak-anak usia sekolah dasar. 

Kegiatan ini dilaksanakan tiga kali pertemuan dalam satu minggu. Pada pertemuan awal kegiatan relawan mengajar, kelompok mahasiswa Kukerta UNRI melakukan pendataan pada anak-anak yang mengikuti kegiatan belajar. 

Fakta yang diperoleh, masih banyak anak yang bahkan sudah menginjak kelas 3-4 SD namun masih belum mampu mengenal huruf dengan baik. Dan karena sudah terbiasa belajar online, anak-anak yang sekarang harus mengikuti sistem belajar tatap muka terbatas masih banyak yang tidak paham dengan materi yang diajarkan di sekolah. 

Oleh karena itu, Mahasiswa Kukerta UNRI membagi peran dalam pemberian materi ajar yang diberikan. Diantaranya belajar mengenal huruf, membaca, dan menulis serta belajar matematika dan ilmu pengetahuan alam. Relawan mengajar memastikan memberikan materi dengan menarik sehingga dapat dicapai hasil yang memuaskan.

Keberadaan relawan mengajar dari Mahasiswa KUKERTA UNRI dinilai memberikan dampak positif dan sangat bermanfaat untuk memajukan pendidikan khususnya pada anak sekolah dasar. Program kerja yang dilaksanakan kelompok mahasiswa ini sangat berperan meningkatkan angka melek huruf dan semangat belajar bagi anak-anak di RW 04 Sri Meranti.

"Saya sangat senang dengan kehadiran mahasiswa yang kkn ini, saya melihat anak-anak sangat dekat dan antusias untuk mengikuti pelajaran yang diberikan kakak-kakak dan abang-abangnya, mereka bisa belajar sambil bermain tapi tetap tertib" ungkap Syafrizal selaku Ketua RT 02/04 Sri Meranti.

Mahasiswa KUKERTA juga mendapatkan respon positif dari beberapa orang tua anak, salah satunya disampaikan oleh Bapak Hendri, "Kegiatan mahasiswa sangat bermanfaat, anak saya yang tipe nya susah disuruh belajar dan masih belum lancar membaca, sekarang sudah mulai bisa membaca 1-2 halaman buku, dan dia semangat kalau pergi ke posko mahasiswa untuk belajar, juga saya lihat meningkatkan interaksi antar anak-anak itu sehingga tidak terpaku ke handphone saja," ungkapnya. 

Diharapkan dengan terlaksananya program kerja ini, dapat memberikan dampak yang baik dan meningkatkan semangat anak-anak untuk terus belajar dan menggapai cita-citanya.

Untuk diketahui, mahasiswa yang tergabung di dalam kelompok KUKERTA Terintegrasi Abdimas ini diantaranya Francco Nero (Agroteknologi), Rofil Rahmat Hidayat (Agroteknologi), Estomihi Sitinjak (Fisika), Harun (Fisika), Dinda Daisya Putri (Ilmu Keperawatan), Miftahul Ilmi (Ilmu Keperawatan), Nida Rahmatul Adhani (Ilmu Keperawatan), Elsa Amanda Putri (Sosiologi), Raesa Audya Gusty (Manajemen), dan Harni Safitri Harahap (Ilmu Pemerintahan). Dengan dosen pembimbing lapangan Ibu Ns. Jumaini, M.Kep., Sp.Kep. J dari KJFD Jiwa-Komunitas Fakultas Keperawatan Universitas Riau.


Loading...
BERITA LAINNYA