Sambut Mahasiswa Baru, Stikes Husada Gemilang Laksanakan Moka

Senin, 11 September 2023 - 21:46:46 wib | Dibaca: 362 kali 
Sambut Mahasiswa Baru, Stikes Husada Gemilang Laksanakan Moka

 

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Dalam rangka persiapan pengenalan dunia kampus kepada mahasiswa baru, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Gemilang menggelar Masa Orientasi Kampus (Moka) TA 2023/2024.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari dimulai pada Senin 11 hingga 13 September 2023 itu turut dihadiri Wakil Ketua Yayasan Husada Gemilang Bapak H. Yusuf Said, SE., MM, Ketua STIKes Husada Gemilang Ibu Bd. Haryati Astuti, S.SiT., M.Kes beserta seluruh Dosen Civitas Akademika STIKes Husada Gemilang.

Dalam laporan ketua panitia menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pengenalan kampus yang sering disebut dengan PKKMB.  Peserta Moka TA 2023/2024 ini berjumlah 63 Orang  yang berasal dari Prodi Diploma Tiga Kbidanan dan Prodi Sarjana Gizi.  

Moka dengan tema “Langkah Awal Self Leadership yang Sukses dan Pentingnya Memiliki Rasa Peduli Terhadap Sesama” ini Maba akan mendapatkan materi-materi diantaranya : 
1)  Kehidupan berbangsa, bernegara dan pembinaan kesadaran bela negara; 
2) Sistem pendidikan tinggi di Indonesia; 
3) Perguruan tinggi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0; 
4) Pengembangan karakter mahasiswa; 
5) Pengenalan Keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L); Serta 
6) Kepemimpinan. 
Kemudian akan dilanjutkan dengan Kegiatan  Outbound tanggal 15 s/d  16 September 2023 mendatang.

Ketua STIKes Husada Gemilang  Ibu Bd. Haryati Astuti, S.SiT., M.Kes mengucapkan selamat datang pada mahasiswa baru TA 2023/ 2024. Dalam sambutannya menyebutkan bahwa kegiatan Moka merupakan kegiatan prasyarat yang harus diikuti seluruh Mahasiswa Baru (Maba) karena diakhir kegiatan Maba akan mendapatkan sertifikat yang akan dijadikan syarat untuk wisuda.

"Moka dilaksanakan sesuai surat edaran dirjen dikti yang disebut PKKMB dalam surat edaran menghimbau bahwa PKKMB  merupakan wahana bagi Pimpinan Perguruan Tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa baru di Perguruan Tinggi dan Mempercepat Proses adaptasi di Lingkungan Perguruan Tinggi khususnya STIKes Husada Gemilang," ujarnya.

Beliau juga menyampaikan selama kegiatan Moka, Kakak Pamong tidak boleh membebani Maba selama kegiatan dan tidak dibenarkan adanya plonco dan kekerasan karena pada dasarnya kegiatan Moka ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, peduli lingkungan dan masyarakat sesuai dengan 4 pilar yakni Pancasial, UUD 1945, Negara Republik Indosensa dan Bhineka Tunggal IKA serta memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan Civitas Akademika di STIKes Husada Gemilang.

Sementara itu Wakil Ketua Yayasan Bapak H. Yusuf Said, SE., MM juga memberikan sambutan sekaligus membuka Kegiatan Moka.

"Ini adalah masa dimana mengenal dunia kampus, dalam menghadapi dunia baru dibutuhkan kesiapan diri, dimana selama dalam proses perkuliahan harus mematuhi seluruh peraturan Akademik yang berlaku," tukasnya.


Loading...
BERITA LAINNYA