Mahasiswa UMRI Laksanakan MBKM Magang di Rumah Sakit Prof Tabrani Pekanbaru

Selasa, 28 Februari 2023 - 11:37:34 wib | Dibaca: 616 kali 
Mahasiswa UMRI Laksanakan MBKM Magang di Rumah Sakit Prof Tabrani Pekanbaru

GAGASANRIAU.CON, PEKANBARU - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang menjadi kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 

Program MBKM menawarkan kesempatan bagi seluruh mahasiswa di Universitas Negri dan Swasta untuk mengasah, mengembangkan dan menerapkan potensi melalui praktik kerja lapangan atau pengalaman belajar langsung dari dunia kerja sebagai bentuk persiapan menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Prodi Akuntansi UMRI salah satu yang melakukan program MBKM dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. MBKM terdiri dari beberapa program salah satunya Magang. Nadya Berlianti salah satu Mahasiswa Akuntansi mengambil MBKM dengan program magang yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Linda Hetri Suriyanti, SE., M.Ak., Ak., CA.

Program MBKM Magang yang dilaksanakan oleh Nadya Berlianti berlangsung selama 4 bulan dari bulan November 2022 hingga bulan Februari 2023, pelaksanaan Magang dilaksanakan setiap hari kerja mulai dari Senin-Jumat pada jam 7.30 - 17.00 WIB dan ditempatkan di Rumah Sakit Prof Dr Tabrani Pekanbaru yang beralamat Jalan Jend Sudirman No 410, Wonorejo, Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau. 

Selama magang Nadya Berlianti akan diberikan tugas untuk membantu bagian perbankan dan bagian penghitungan gaji dokter. Setelah dua bulan, Nadya dipindah tugaskan untuk membantu kasir Rumah Sakit yang diberikan tugas antara lain Menginput, Menclose dan Assembling pasien rawat jalan, Menginput biaya pengobatan dan perawatan pasien rawat inap, mengecek dan merekap absen dokter spesialis, Membuat kartu izin pulang pasien rawat inap dan mengkonfirmasi kepada perawat ruangan rawat inap.
     
Dalam pelaksanaan magang banyak sekali ilmu yang di dapat oleh Nadya dari Rumah Sakit Prof. Tabrani, pengalaman juga diantaranya yaitu sebagai bekal untuk mempersiapkan diri terjun di lingkungan kerja khususnya maupun di lingkungan masyarakat pada umumnya, menguji kemampuan pribadi dalam tata cara hubungan masyarakat atau bersosialisasi di lingkungan kerja, serta melatih softskill mahasiswa dalam berkomunikasi, meningkatkan kepercayaan diri, serta memperbaiki sikap dan perilaku. 

Nadya Berlianti mengucpakan banyak terima kasih kepada Rumah Sakit Prof. Dr. Tabrani Pekanbaru telah mengizinkan Nadya magang selama 4 bulan. Nadya Berlianti juga berharap Rumah Sakit Prof. Dr. Tabrani lebih berkembang dan menjadi lebih baik dari sekarang.

Penulis: Nadya Berlianti (Universitas Muhammadiyah Riau, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi)


Loading...
BERITA LAINNYA